Dinas Perkim-LH Sijunjung Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Kantor

929

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup(PERKIMLH) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Skala Kantor bagi Pengelola K3 Kantor di Aula pertemuan Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung, Kamis ( 25/1-2018).

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, partisipasi serta membudayakan perilaku OPD/Instansi/BUMN/BUMD dalam pengelolaan sampah dengan cara berwawasan lingkungan, dan juga dalam upaya pengurangan sampah Kantor serta mengurangi timbunan sampah dan memanfaatkan sampah melalui bank sampah.

Acara ini dibuka oleh Bupati Sijunjung yang diwakili oleh Kepala Dinas perkimlh Khairal, SH serta dihadiri oleh Kepala OPD, Kabag Perekonomian, pertamanan, dan Kabag Humasy pada Setdakab Sijunjung, Camat se Kabupaten Sijunjung dan undangan lainnya.

Momen kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah skala kantor yang dilaksanakan pada hari ini sangat tepat sekali menjelang kita memperingati dan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 69.

Dengan kegiatan ini diharapkan nantinya masing masing OPD /Instansi Vertikal/BUMN/BUMD dapat mempersiapkan, membersihkan dan mempercantik Kantor terutama pengelolaan sampah yang ada di Kantor, kata Kadis Perkim LH Khairal, SH saat membacakan sambutan tertulis Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

Dalam sambutan itu Bupati juga menghimbau agar memulai pengelolaan sampah skala Kantor dengan hal- hal yang kecil dan sederhana seperti tidak membuang puntung rokok dan bungkus permen di sembarang tempat.

Serta menyediakan tempat sampah di masing masing OPD, di kendaraan dinas roda 4 atau lebih dan diharapkan OPD, Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD menjadi contoh tauladan bagi masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan cara berwawasan Lingkungan.

Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran pada Dinas PerkimLH Roni Sudirman, S. STP dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta Sosialisasi ini berasal dari OPD, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD di Kabupaten Sijunjung yang berjumlah lebih kurang 100 orang.

“Narasumber yaitu Syaifudin Islami, STP, M.Si dari jejaring Bank Sampah Ranah Minang Sumatera Barat dengan menyampaikan materi “Pengelolaan Sampah Skala Kantor dengan cara Berwawasan lingkungan” dan Silvaria Asra, M. IL dari Dinas Perkimlh Kabupaten Sijunjung dengan materi ” Pengelolaan Sampah 3R melalui Bank Sampah Lansek Manih,” terang Roni. Andri KampaiD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here