Sabtu 17 Maret, Taslim Dilewakan Bergelar Datuak Tambogo Suku Chaniago Sungai Angek

895
Prosesi pengangkatan Taslim jadi penghulu adat di kaumnya. Net

JURNAL SUMBAR | Agam – Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Dt. Rajo Bandaro Basa dijadwalkan akan hadir pada acara Batagak Pangulu Datuak Tambogo Suku Chaniago Sungai Angek Nagari Simarasok Kecamatan Baso, Sabtu (17/3) ini.

Taslim yang merupakan mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014, mantan anggota DPRD Sumbar dan sekarang menjabat Sekretaris DPW PAN Sumbar akan dilewakan oleh kaum dan nagarinya itu, telah melakukan berbagai tahapan mendapat gelar adat Datuak Tambogo Suku Chaniago Sungai Angek yang Sabtu besok dilewakan kaum dan nagarinya.

“Datuak yang lama sudah tua, kebetulan berdasarkan musyawarah Suku Chaniago di Sungai Angek, saya diberi amanah melanjutkan estafet kepemimpinan beliau,” ujar Taslim, Rabu (14/3) di sela-sela kesibukannya mempersiapkan prosesi malewakan Datuak Tambogo.

Taslim mengakui telah menyampaikan undangan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

“Insya Allah, Pak Gubernur hadir Sabtu besok itu, dan Pak Irwan mengatakan kalau tidak ada acara mendadak seperti dipanggil Presiden, Insya Allah saya hadir,” ujar Taslim menyampaikan kesedian Irwan Prayitno hadir di Sungai Angek.

Di samping Datuak Tambogo, pada hari Sabtu itu juga dilewakan Datuak Asa Basa dan Datuak Sabatang. “Jumat pagi membantai kerbaunya,” ujar Ketua Alumni Unand Jabodetabek itu.

Saat prosesi malewakan gala itu, juga akan hadir Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah yang merupakan pangulu di Baso, yang akan menyerahkan karih pusako ke bako.

“Menjadi pangulu itu tanggung jawabnya besar. Anak kemenakan harus diperhatikan secara seksama agar apa yang menjadi harapan bersama kaum dapat diwujudkan,” sebutnya.

Selain hadir Gubernur Sumbar, kabarnya malewakan gala Taslim Dt Tambogo juga dihadiri banyak politisi baik daerah maupun nasional.

“Undangan sudah disampaikan ke Pak Amien Rais dan juga Menteri PAN RB dan kolega pak Taslim waktu di Komisi III DPR RI dulu, seperti Aziz Syamsuddin, Fahri Hamzah, Nasir Jamil, juga ke Ketua DPR RI, kita masih menunggu konfirmasi, termasuk politisi Sumbar seperti ketua dan sskretaris Parpol di Sumbar,” ujar sahabat Taslim, Isa Kurniawan. rilis/win-metrans

Editor :  John Edward Rhony