Wabup Arrival Boy Dorong Peserta Pelatihan Kompetensi Bisa Kembangkan Usaha

444

JURNAL SUMBAR | Siijunjung – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung melalui Balai Latihan Kerja (BLK) kembali menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan angkatan II, di UPTD Kecamatan IV Nagari, pada Senin (12/3/2018), dan sekaligus penutupan pelatihan Angkatan I.

Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy ini, diikuti oleh masyarakat pencari kerja dari Kabupaten Sijunjung dengan jumlah peserta 48 orang.

Hadir juga pada acara tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi yang diwakili Sekretaris Dinas, Efendi Nur, SE, Camat IV Nagari serta Wali Nagari se Kecamatan IV Nagari.

Acara pelatihan ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan oleh Wakil Bupati, yang didampingi Anggota DPRD, Kepala Dinas Nakertrans serta Camat IV Nagari.

Wabup Arrival Boy dalam sambutannya menyampaikan agar sertifikat yang didapatkan oleh peserta melalui pelatihan ini. “Jangan sampai menjadi pajangan atau hiasan dirumah saja artinya, keterampilan yang didapatkan saat pelatihan ini tidak ada manfaatnya”, katanya.

Wabup mengharapkan agar setelah selesai pelatihan ini pergunakan keahlian yang telah didapat, serta pergunakan kesempatan dan peluang yang ada, kapan perlu koordinasikan dengan wali dan camat untuk pengembangan usaha nantinya.

Serta Wabup menambahkan, bagi yang akan mengikuti pelatihan ini, jangan sampai disia- siakan kesempatan yang ada. “Pergunakan waktu yang telah disediakan oleh panitia, ikuti pelatihan ini dengan serius, jangan bermain main dalam bekerja,” tambahnya lagi.

Kepala Disnakertrans yang diwakili Sekretaris, Efendi Nur menyampaikan dalam laporannya bahwa pelatihan berbasis kompetensi angkatan II ini dilaksanakan dari tanggal 12 maret sampai dengan 18 april 2018.

Tempat pelatihan ini yaitu, kejuruan menjahit di nagari koto baru, kejuruan tata boga di nagari Mundam Sakti, kejuruan tata rias di nagari
Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari.

Efendi menambahkan bahwa fasilitas yang diberikan kepada peserta pelatihan berupa, ATK, Konsumsi selama pelatihan, pakaian kerja, penggantian transportasi, Tolkit, modul, dan sertifikat, serta akan dilatih oleh instruktur dari BLK, instruktur dari kalangan profesional dan instruktur BLK yang ada di Sumatera Barat.tambahnya. andri kampai.