Didaulat Jadi Narasumber, Direktur Bumnag Pakandangan Emas Berbagi Ilmu Kelola Bank Sampah

801

JURNAL SUMBAR | Padangpariaman – Sukses Bumnag Pakandangan Emas mengelola Bank Sampah, menjadi inspirasi bagi pengelola Bumnag Guguak, Kecamatan 2 X 11 Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman. Direktur Bumnag Pakandangan Emas Syaiful Rahman, kemudian didaulat menjadi narasumber bagaimana mengelola salah satu unit usaha di Bumnag Pakandangan Emas tersebut.

“Saat ini di BUMNag Pekandangan Emas kita sudah punya 200 nasabah Bank Sampah. Sampah yang dikumpulkan berupa sampah anorganik hasil rumah tangga, mulai dari sampah plastik, kertas dan lain-lain,” kata Syaiful Rahman, di hadapan perwakilan dinas DLH Kab Padangpariaman, Camat 2×11 Kayutanam, Walinagari beserta perangkat nagari Guguak, Banmus Nagari Guguak, Babin Kantibmas dan masyarakat Nagari Guguak.

Syaiful Rahman mengungkapkan, metode pengelolaan yang dipakai Bumnagnya cukup unik. Jika di kota kota besar sampah ini diupahkan buat dibuang, di Bumnag Pekandangan Emas justru membeli sampah tersebut kepada masyarakat.

Keunikan lainnya dari Bank Sampah ini, masyarakat yang tercatat sebagai nasabah dapat mengumpulkan sampahnya dititik pengumpulan atau dapat dijemput ke rumah. Sesampainya dititik kumpul, sampah ini akan disortir dan dikelompokkan sesuai dengan kegunaan.

“Untuk sampah plastik seperti bekas tempat minuman, akan dibersihkan dan dijual kepabrik daur ulang serta sampah kertas akan dijual ke pabrik sarang telur,” sambung Syaiful.

Dalam penjelasan lanjutannya, Syaiful mengaku siap untuk membantu Bumnag Guguak dalam pengembangan usaha Bank Sampahnya. Jika masih terkendala dalam operasionalnya, Syaiful juga mengaku siap membeli sampah yang dikumpulkan manajemen Bank Sampah Nagari Guguak.

Syaiful juga berharap kepada semua peserta yang hadir, sebisanya mensinergikan kekuatan dan bahu membahu dalam membangun BUMNag serta Unit-unit Usaha di nagarinya, sehingga dapat memberikan peluang usaha bagi masyarakat.

“Terkait sistem pengelolaan fan pembiayaan diharapkan Nagari bisa memfasilitasi untuk dikaitkan atau di masukan ke dalam salah satu unit usaha BUMNag nagari guguak,” tutup Syaiful.

Sehari berselang, Bumnag Pakandangan Emas kedatangan tamu dari Kepala LP2M UNP Prof Rusdinal beserta rombongan di Bumnag Pakandangan Emas. Banyak hal yang didiskusikan. Banyak hal yang didapatkan kedua belah pihak.

“Kami semakin termotivasi untuk memberikan hasil terbaik bagi Bumnag Pakandangan Emas ini,” kata Syaiful Rahman. (rilis/dyko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here