Peringatan Haornas Ke-35, Pemkab Sijunjung Gelar Senam Aerobik Massal

907

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-35 yang jatuh pada tanggal 9 September 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung laksanakan senam massal Aerobik yang di adakan di Lapangan Sepakbola Prof. M. Yamin, SH Muaro Sijunjung, Jum’at (7/9/2018).

Senam massal ini diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Ketua DPRD Yusnidarti, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Sekretaris Daerah, Zefnihan, Ketua TP PKK, En Yuswir, Ketua Persit, Kepala OPD, Instansi Vertikal, dan undangan lainnya.

Sambutan menteri pemuda dan olahraga Imam Nahrawi yang dibacakan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur, baik pelajar, masyarakat, karyawan dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada dilembaga permasyarakatan, ungkapnya.

Haornas tahun 2018 ini dengan memakai tema “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia” mengandung makna bahwa kita mengajak untuk berolahraga. Dengan berolahraga kita akan turut berpartisipasi membangun indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa yang sehat, membangun badan yang kuat.

Dalam konteks pembangunan olahraga, sesuai instruksi presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan juga ditindaklanjuti dengan peraturan menteri Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas disemua lapisan masyarakat.

Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup.Permasalahan terbesar saat ini adalah derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah (dibawah 18%). Maka dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.

Dengan kesegaran jaamani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus maka akan memudahkan lahirnya bibit bibit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya.

Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST, MT dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati Haornas ke 35 ini, pemkab Sijunjung laksanakan senam massal Aerobik
yang diikuti oleh seluruh OPD, instansi Vertikal, forkopimda dan organisasi wanita lainnya.

Untuk menambah meriahnya kegiatan ini, panitia mendatangkan instruktur – instruktur senam dari EGYM Studio Kota Padang,serta panitia juga menyediakan doorpriza bagi peserta senam, tambahnya

Masih dalam rangka Haornas, Pemerintah Kabupaten Sijunjung pada bulan ini akan melaksanakan kegiatan Gala Desa/Nagari tahun 2018 memperebutkan piala menpora, mempertandingkan 4 cabang olahraga yaitu, Bola Volly, Sepak Takraw, Atletik dan badminton.

Kegiatan Gala Desa akan disandingkan dengan kegiatan peningkatan pariwisata di daerah kita, oleh sebab itu lokasi pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di 3 destinasi wisata kita yaitu, Wisata alam di pasir putih Geopark Silokek, Wisata Budaya di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung dan Wisata Kota dilaksanakan di Muaro Sijunjung dengan memakai sponsorship kegiatan, Bank Central Asia Pusat dan Bank Nagari Cabang Sijunjung.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Nagari dan Desa yang ada di Kabupaten Sijunjung ini, mudah mudahan dapat memunculkan atlit atlit baru sebagai penerus generasi Atlit Sijunjung yang akan membela merah putih. Andri Kampai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here