Ratusan Murid PAUD Se Kecamatan Sijunjung Ikuti Acara Manasik Haji

528

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH, MM, Rabu (19/9/2018) membuka secara resmi kegiatan manasik haji murid PAUD se-Kecamatan Sijunjung di Lapangan Tanah Bato, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung.

Tak kurang dari 830 anak PAUD se-Kecamatan Sijunjung, Sumatera Barat hadir disana. Selain didampingi para orang tua murid, murid PAUD itu juga didampingi 81 tenaga pendidik PAUD.

Selain Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ny. En Yuswir Arifin, kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh-tokoh masyarakat. “Kegiatan yang dilakukan murid PAUD ini, dalam rangka menambah keimanan dan pengenalan ibadah haji sejak dini yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak Kanak ( IGTK ) Kecamatan Sijunjung. Acara semacam ini juga digelar ditiap kecamatan dengan waktu berbeda,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung, Ramler pada awak media, Rabu (19/9/2018) malam melalui WhatsAppnya.

Kegiatan manasik haji murid PAUD itu juga dihadiri Kepala Bidang PAUD, Syamsul Bahri,S.Pd, MM dan Kasi PAUD Delvianti Basri, SE serta pejabat dilingkungan Kecamatan Sijunjung dan Nagari Sijunjung termasuk Camat Sijunjung, Khalfian dan Walinagari Sijunjung, Efendi juga hadir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ramler, SH, MM dihadapan ratusan orang tua dan anak-anak PAUD yang mengenakan pakaian serba putih seperti layaknya ibadah haji sungguhan itu, mengatakan anak merupakan calon generasi penerus bangsa di masa depan, tidak salah jika kepatuhan tentang keimanan mulai ditanamkan sejak dini melalui berbagai kegiatan keagamaan.

”Seperti pada saat ini yang secara tidak langsung akan sangat membantu dalam pembentukan karakter bagi anak-anak, menjadikan keimanan tambah kuat, ibarat batu yang digores, membekas dan tidak mudah pudar,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung, Ramler saat membuka acara tersebut.

Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ny En Yuswir Arifin memberikan semangat dan motivasi kepada anak anak PAUD , tenaga pendidik dan orang tua bahwa pengenalan ibadah haji ini merupakan kegiatan pembelajaran kontekstual untuk anak didik dan merupakan kegiatan rutin tahunan yang diharapkan menjadi basic pendidikan, dan karakter bagi anak dalam upaya mempersiapkan generasi Emas Produktif Indonesia di Tahun 2045.

”Kegiatan ini menjadi pondasi bagi anak dalam menetapkan prilaku yang baik sesuai dengan tuntunan agama, agar mereka memiliki akhlak yang baik,” ucap Bunda PAUD.

Lebih lanjut Bunda PAUD menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada guru dalam memberikan pendidikan ke-Islaman untuk anak-anak.

”Melalui pendidikan usia dini ini dapat membentuk sikap, karakter, prilaku anak soleh yang penuh kasih sayang, menghormati orang tua dan guru,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Bunda PAUD kembali mengingatkan perlunya gerakan literasi bagi anak, seperti yang sudah dilaksanakan bulan Mei lalu dalam bentuk Gerakan Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) yang sekaligus ia sempat bernyanyi bersama-sama dengan seluruh hadirin.

Kegiatan Manasik Haji ini sesuai laporan panitia diawal acara yang disampaikan Verawati,S.Pd.Aud, bertujuan menumbuhkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kegiatan dimulai pukul 08.50 WIB, Anak- anak yang telah lengkap berpakaian ihram melaksanakan sejumlah rangkaian acara manasik yang dipandu Drs. Yusri, dari Kantor Kementerian Agama. Anak- anak terlihat gembira dan bersemangat seperti saat mengelilingi ka’bah/ tawaf, melontar jumroh, tahallul (memotong rambut) dan sejumlah rangkaian haji lainnya. (Mega Dinas Kominfo )