Tinjau Pameran di Carocok, Alirman Sori Kagumi Karya Seniman Muda Pesisir Selatan

718

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Meninjau Pameran Seni Rupa Pincuran Art di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan, Dr. H. Alirman Sori tak dapat menyembunyikan kekagumannya. Karya-karya bernilai tinggi terpajang indah membuktikan potensi seniman Pesisir Selatan yang luar biasa.

Alirman Sori meninjau pameran yang berlangsung sejak tanggal 31 Agustus 2018 tersebut pada Minggu (2/9/2018). Menurutnya, dari hasil karya yang ditampilkan tergambar bahwa kreatifitas seniman Pesisir Selatan tidak kalah bersaing dengan seniman nasional.

“Hasil karya yang ditampilkan menggambarkan sebuah potensi luar biasa. Seniman Pesisir Selatan tidak kalah dibanding dengan seniman nasional lainnya,” puji Alirman Sori.

Dia melihat, putera – puteri Pesisir Selatan memiliki potensi besar di bidang seni rupa. Potensi ini bisa mengangkat nama Pesisir Selatan di kancah nasional dan memperkaya khazanah seni nusantara.

“Potensi ini bisa mengangkat nama daerah dan memperkaya khazanah seni Nusantara. Putera – puteri Pesisir Selatan luar biasa,” tambahnya.

Potensi dan bakat seni para seniman muda tersebut menurut Alirman Sori sangat perlu diapresiasi melalui perhatian dan pembinaan yang baik. Para seniman ini harus memiliki ruang dan kesempatan yang cukup untuk terus berkreasi.

“Bakat seni ini memerlukan ruang, sebagai wadah untuk berkreasi. Ini yang harus diapresiasi dengan perhatian dan pembinaan,” sarannya.

Dia menyarankan, harus ada event-event berkelanjutan agar para seniman muda tersebut bisa terus berkreasi menggali bakat dan potensi. Beri ruang gerak bagi para seniman untuk berekspresi.

Pameran Pincuran Art 2018 digagas oleh para seniman muda Komunitas Rumah Pohon Carocok Painan. Pameran tersebut mengangkat tema “Kami Ada Kami Berkarya”.

M. Adli, Pembina Komunitas Rumah Pohon menyebutkan, pameran tersebut digelar untuk membuka ruang kreatifitas bagi para seniman. Dengan ruang kreatifitas yang menarik, diharapkan dapat meningkatkan semangat para seniman untuk berkreasi.

“Pameran seni ini merupakan salah satu langkah membuka ruang kreatifitas untuk para seniman. Diharapkan, dengan ajang ini akan meningkatkan semangat para seniman untuk mengekspresikan diri,” ujarnya.

Dia menambahkan, pameran tersebut digagas secara spontan, namun ternyata bisa dikemas dengan apik. Aktifitas para seniman pada pameran tersebut juga menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung kawasan wisata Pantai Carocok.

Menurutnya, karya seni yang ditampilkan dalam pameran tersebut merupakan buah tangan para seniman daerah. Karya tersebut sarat dengan nuansa khas Pesisir Selatan. Pesan yang ingin disampaikan oleh para seniman muda adalah bahwa mereka punya potensi dan identitas.

“Hasil karya mereka memiliki nuansa yang menunjukkan potensi dan identitas tersendiri, ini pesan yang dapat ditangkap dari berbagai karya seni yang ditampilkan,” ungkapnya. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here