Bupati Hendrajoni Sebut Bantuan Pemerintah Pusat ke Pessel Sangat Banyak

588

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni menegaskan bahwa sumbangsi Pemerintah Pusat terhadap pembangunan di Kabupaten Pesisir Selatan, baik pariwisata, jalan, pendidikan, pertanian, air bersih, dan infrastrutur lainnya sangat besar.

Dikatakan Hendrajoni, Presiden Jokowi sudah gelontorkan ratusan miliar untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan. “Semuanya untuk kepentingan ekonomi masyarakat, dan geliat perekonomian masyarakat berjalan dengan optimal,” ujarnya.

Hendrajoni dalam jumpa pers, Senin (6/10/2018) di ruang Humas Pemkab Pessel menegaskan bahwa bantuan dan campur tangan Pemerintah Pusat atas instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk Kabupaten Pesisir Selatan sangat banyak. “Ratusan milliar telah digelontorkan ke kabupaten Pesisir Selatan,” tegasnya.

Dicontohkan, dengan terbukanya jalan Mandeh, maka akan berdampak kepada kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pessel.

“Pusat, Provinsi dan Kabupaten harus  bersinergi, supaya pembangunan bisa merata, untuk kesehjateraan masyarakat,” tegas Hendrajoni.

Hendrajoni menjelaskan, lima belas tahun sudah kawasan Mandeh belum terjamah. Kini, Rp. 300 milliar untuk pembangunan jalan digelontorkan Pemerintah Pusat untuk pembangunan jalan di kawasan Mandeh, Rp. 240 milliar pembangunan irigasi Sawah Laweh, 1 miliar per tahun untuk nagari, air bersih Rp. 500 milliar, 1.700 unit bedah rumah, PSDA dan jembatan.

“Semuanya tidak lepas dari bantuan p
Pemerintah Pusat,” tegasnya. “Jika menggunakan anggaran APBD, tidak akan bisa terlaksana,” tambahnya.

Dengan adanya bantuan anggaran Pusat ke daerah, maka PAD Kabupaten Pesisir Selatan bisa dipergunakan pembangunan infrastruktur lain di Kabupaten Pessel, jelas Hendrajoni.

“Tidak ada kepentingan pribadi, ini semua untuk masyarakat Kabupaten Pessel,” tegasnya lagi.

Bupati Pesisir Selatan itu menegaskan, tahun 2018 pembangunan infrastruktur akan rampung, dan 2019 pembangunan yang masih dalam program akan dilanjutkan.  Dirinya mengajak kepada masyarakat untuk bisa melihat apa yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Jangan ada saling menjelekan, saling sikut-menyikut. Mari kita berpolitik dengan santun, dan mari sama-sama kita beradu gagasan, program kerja dan pembangunan,” ajak Bupati Pessel itu. (Rega Desfinal)