Dandim 0310/SSD Pemateri Bela Negara di Perkampungan Adat

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dandim 0310/SSD (Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya) Letkol Inf Irvan Yusri, SIP didaulat menjadi pemetari diklat Bela Negara se-Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Rabu (10/10/2018).

Dalam Diklat tersebut Dandim menyampaikan materi tentang “MEMPERTAHANKAN IDEOLOGI PANCASILA MELALUI BELA NEGARA UNTUK MENJAGA KEUTUHAN NKRI”.

Peserta Diklat Bela Negara gelombang I tahun 2018 itu terdiri dari FKPPI, PPM dan HMI se Kabupaten Sijunjung.

Epi

Disebutkan Dandim, kita semua menyadari, bahwa pemahaman tentang Bela Negara ini sangat penting bagi segenap warga negara, utamanya bagi generasi muda karena mereka akan kita persiapkan untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, sehingga mereka perlu diberi pemahaman Bela Negara sejak dini, agar mereka benar-benar memiliki kesiapan untuk menjadi penerus perjuangan bangsa di masa depan.

Komandan Kodim 0310/SSD Letkol Inf Irvan Yusri yang menjadi pemateri dalam Bela Negara Kali ini menyampaikan bahwa semua warga Negara berkewajiban untuk ikut serta dalam Bela Negara sebagaimana pada Pasal 27 Ayat  3 UUD 1945 yang berbunyi, “Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut dalam upaya pembelaan terhadap Negara ” akan tetapi kini pemaknaan Bela Negara itu tidak mutlak dengan berperang atau aktivitas heroik lain yang menggunakan Senjata. Berperang itu harus profesional dan dilatih sejalan dengan itu.

Disebutkanya, Pasal 9 UUD Nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan Negara menegaskan, Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela Negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan Negara dalam upaya bela Negara. Keikutsertaan warga Negara dalam upaya Bela Negara sebagaimana dimaksud dalam ayat 1. Ketentuan mengenai Pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib dan pengabdian sesuai dengan profesi diatur dengan Undang-undang,”papar Dandim.

Diakhir pemberian materi Bela Negara tersebut, Dandim Irvan Yusri menyempatkan diri memberikan tanya jawab yang disertai candaan sehingga para peserta merasa senang, apa lagi banyak diantara peserta dari kalangan siswa-siswi. saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.