Antisipasi Banjir, Pemkab Pessel Segera Normalisasi Batang Tapan

887

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pasca terjadinya banjir yang melanda sejumlah Nagari di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan pada akhir pekan kemarin, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan penanganan kepada masyarakat dan daerah terdampak bencana.

Hal ini disampaikan Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni saat meninjau sejumlah titik terdampak bencana di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Minggu (04/11/2018).

“Kita telah melakukan langkah-langkah untuk menangani bencana banjir ini, diantaranya kami memerintahkan Dinas Sosial untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat kita,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemkab segera melakukan normalisasi Batang Tapan agar kejadian banjir ini tidak terulang kembali.

“Kita memaklumi curah hujan yang begitu tinggi beberapa hari yang lalu membuat, Batang Tapan ini meluap, kami mendapat informasi bahwa jika tidak segera ditangani, jalur sungai ini akan berpindah dan akan mengancam perumahan warga dan Kantor Camat,” ungkap Hendrajoni.

Lebih lanjut Bupati memaparkan bahwa untuk itu sebagai langkah awal, kita memasang penghalang untuk mengantisipasi hal itu terjadi, dan sesudah itu sesegaranya dilakukan normalisasi oleh Dinas PSDA.

Sedangkan 2 rumah warga yang rusak akibat banjir ini akan segera dibangun kembali. “Kami sudah perintahkan kepada Dinas Perkimtan untuk membangun kembali rumah-rumah tersebut,” tegas Bupati.

Peninjauan lapangan ini dilakukan bersama sejumlah pejabat daerah dan Kepala OPD terkait. Dalam kesempatan itu Bupati mengapresiasi kesigapan Camat dalam menangani bencana ini.

“Kami mengapresiasi dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, yang telah bekerja dengan baik, sehingga dampak bencana ini dapat kita minimalisir. Dan juga kepada pihak-pihak yang segera turun ke lapangan memberikan bantuan kepada sanak saudara kita di sini,” pungkas Hendrajoni.(Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here