Sabtu, FE UNP Tuan Rumah Konferensi Internasional PICEEBA Ke-2

631

JURNAL SUMBAR | Padang – Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) kembali akan menjadi tuan rumah Pertemuan Peneliti Ekonomi, Pendidikan, Bisnis dan Akuntansi yang akan berlangsung di Audtorium Prof Kamaluddin, Sabtu hingga Ahad (24-25/11).

Dekan FE UNP, Dr Idris, Rabu (21/11) diruangan kerjanya mengatakan pertemuan para peneliti dan dosen pendidikan ekonomi, bisnis dan akuntansi yang digelar FE UNP itu bertajuk Padang International Conference on Economic, Education, Business and Accounting (PICEEBA). Konferensi internasional ini merupakan edisi kedua PICEEBA yang telah dilaksanakan pada 2 Juli 2018 yang lalu.

“PICEEBA kali ini (The 2nd PICEEBA 2018) yang mengusung tema “Inoveasi Berkelanjutan di Era Digital bertujuan sebagai ajang untuk saling berbagi hasil penelitian dan mengetahui perkembangan terbaru di dunia ilmu pengetahuan. Oleh karena itu tema yang diambil oleh konferensi ini disesuaikan dengan tren dan isu terbaru, yaitu inovasi-inovasi terbaru di bidang Bisnis dan Ekonomi pada era digital,” ujar Dekan Dr Idris.

Para peneliti yang mengikuti The 2nd PICEEBA 2018 dapat mendiseminasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan, sehingga hasil penelitian tersebut dapat terpublikasi secara luas, serta menerima masukan dan tanggapan dari para peneliti lainnya.

Secara terpisah Ketua Panitia Pelaksana PICEEBA Ke-2, Abror, PhD menginformasikan, seluruh paper yang berhasil diterima pada PICEEBA pertama telah diterbitkan pada Prosiding yang terindeks Atlantis Press. Oleh karena itu, wajar kiranya jumlah paper yang masuk pada The 2nd PICEEBA mengalami kenaikan hingga dua kali lipat.

Dikatakannya, selain peluang publikasi, konferensi ini ini juga bermanfaat untuk memperluas pergaulan akademik diantara para peneliti dan dosen, sehingga dapat membuka jaringan yang lebih luas untuk kegiatan penelitian atau studi lanjut nantinya.

Erizal Syofyan, Wakil Dekan 1 FE UNP menambahkan, untuk ‘boomingnya’ PICEEBA Ke-2 tahun 2018, FE UNP akan menghadirkan tiga orang nara sumber utama berkelas dunia dari berbagai Universitas terkemuka dunia yakni Prof. Lorne Cummings, (Professor of Accounting dari Macquairie University, Sidney Australia), Dr. Raphael Akamavi, Pakar Manajemen Pemasaran dari University of Birmingham (Inggris) dan Prof. Dr. Nur Adiana Hiau Abdullah,(Professor of Corporate Finance dari Universiti Utara Malaysia).

“Hingga saat ini, The 2nd PICEEBA telah menerima lebih dari 200 artikel ilmiah dari peneliti yang berasal berbagai perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia, namun setelah melewati proses review, hanya sebanyak 160 artikel ilmiah yang lolos dan dinilai layak untuk di presentasikan dan dipublikasikan,” rincinya.

Ditambahkannya artikel-artikel yang lolos tersebut akan dipublikasikan pada Atlantis Press Proceedings yang terindeks Clarivate Analytics, Asean Citation Index, EBSCO, DOAJ, SINTA, dan Google Scholar.

Selanjutnya, artikel-artikel terbaik akan dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi, International Journal of Business and Management, yang terindex Scopus. (Humas UNP/Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here