Sudah P21, Sidang Kasus Perusakan Mangrove Mandeh Tunggu Penetapan MA

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kasus pembabatan hutan Mangrove di kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, yang terjadi pertengahan 2018 lalu menunggu ketetapan lokasi sidang dari Makamah Agung.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pessel melalui Kasi Pidum Cristian Erry menyampaikan, sidang kasus pembabatan hutan Mangrove yang melibatkan orang nomor dua di Pessel itu, rencana akan dilaksanakan di Padang, namun hal tersebut menunggu ketetapan dari Mahkamah Agung.

“Berkasnya sudah P21 (lengkap-red). Dengan dasar pertimbangan dari pihak aparat keamanan tentang kondisi keamanan di Painan maka diajukan permohonan sidang di Padang,” jelasnya.

Epi

Kasi Pidum menyampaikan terkait tindakan hukum nantinya, Jaksa Kejagung hingga kini masih melakukan koordinasi dengan penyidik Kemeterian LHK. Namun, jika tanggungjawab tersangka dan barang bukti sudah diserahkan kepada kami, maka secepatnya akan kami kabarkan.

Dasar hukum untuk permohonan aturan mekanisme penetapan pengadilan sebagai tempat bersidang, Pasal 85 KUHAP menyatakan, “Dalam hal keadaan daerah tidak mengizinkan suatu pengadilan negeri untuk mengadili suatu perkara, maka atas usul ketua pengadilan negeri atau kepala`kejaksaan negeri yang bersangkutan, Mahkamah Agung mengusulkan kepada Menteri Kehakiman untuk menetapkan atau menunjuk pengadilan negeri lain dari pada yang tersebut pada Pasal 84 untuk mengadili perkara yang dimaksud,” jelasnya.

Sebelumnya, terkait kasus pembabatan hutan Mangrove di Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum), Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan, Cristian Erry menyebutkan, pihaknya masih menunggu pelimpahan tanggungjawab tersangka dan barang bukti dari penyidik ke JPU.

“Kami sifatnya hanya menunggu saja. Sebab, yang menangani perkara kasus Mandeh itu, adalah Jaksa di Kejagung. Jadi, kami belum tahu kapan akan dilimpahkan tanggungjawab tersangka dan barang bukti dari Jaksa Kejagung. Mudah mudahan secepatnya,” ujarnya.(Rega Desfinal)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.