Hadapi Pemilu 2019, Polres Pessel Gelar Apel Gabungan

552

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kurang lebih 1200 personil ikuti apel gabungan pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilihan Umum Presiden, Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di areal parkir kawasan obyek wisata Pantai Carocok Painan, Jumat (22/3/2019).

Gelar pasukan pagi itu dipimpin langsung Kapolres Pessel AKBP. Fery Herlambang, S.IK, MM. Dan peserta dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Damkar, SAR, Limnas, BPBD, Satpam, Pramuka, Dishub dan Ormas. Hadir pada gelar pasukan, Bupati Pesisir Selatan H.Hendrajoni, Dandim 0311 Pessel Letkol. Edwin Dwiguspana, M,Yr (Arh), Kajari Painan Yeni Puspita, SH, Kepala Pengadilan Negeri, jajaran Kapolsek, Dandramil, BUMN dan Forkompimda.

Membacakan amanat Menteri Polhukam RI, Kapolres Pessel AKBP. Fery Herlambang SIK, MM menuturkan, pelaksanaan apel pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan Legislatif dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

“Pemilu Tahun 2019 adalah Pesta Demokrasi karena dilaksanakan secara serentak, untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dan Legislatif,” kata Fery.

Disampaikan Kapolres, pengamanan Pemilu Tahun 2019 melibatkan pasukan gabungan dan alustista diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi kali ini. Dukungan dari seluruh elemen, baik itu KPU, Bawaslu, TNI dan stake holder terkait penting dalam rangka mendukung keamanan pada Pemilu Tahun 2019.

Dan, Pemilu kali ini cukup berharga untuk memilih pemimpin, bukan untuk mengaduh pemimpin.

“Kita berharap partisipasi dari masyarakat ikut bertanggung jawab. Tugas ini begitu berharga, jadi harus kita laksanaakan bersama – sama,” tegas Fery.

Berdasarkan arahan dari Kemenpolhukam RI, ada beberapa penekanan pada semua elemen, yaitu pahami tugas pengamanan pemilu, kenali wilayah, tindak tegas sesuai aturan, Babinsa dan Babinkamtibnas harus kuasi wilayahnya dan koordinasi lintas sektoral.

Terkahir yang terpenting pada masyarakat jangan muda percaya isu hoax yang bisa mempecah belah persatuan dan kesatuan. Khusus di Polres Pessel sendiri dalam pengamanan Pemilu tahun 2019 di wilayah Hukum Polres Pessel akan dikerahkan 1.200 personil gabungan.

“Kita telah lakukan pemetaan lokasi kerawanan. Namun, begitu hal itu sudah disiapkan petugas gabungan, “. jelas Kapolres.

Pada apel gabungan itu mengangkat tema ” Tingkatkan Sinergitas TNI- POLRI dengan komponen bangsa lainya guna mewujudkan Kamdagri yang Kondusif. Sekaligus di tandai pemasangan pitah pada perwakilan apel gabungan, sebagai bentuk Kabupaten Pessel siap amankan Pemilu Tahun 2019. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here