Jelang KRI 2019, Team Robotik UNP Mulai Berbenah

943

JURNAL SUMBAR | Padang — Unit Kegiatan Robotik dan Otomasi Universitas Negeri Padang (UKRO UNP) mulai menata team robotik lebih fokus, melaunching Team Robotik UNP mewujudkan harapan untuk juara Kontes Robotik Indonesia 2019 dihadiri langsung oleh Rektor UNP, Prof Ganefri, di Gedung Serbaguna Fakultas Teknik UNP, Jumat (29/3) pagi.

Pembina UKRO UNP, Risfendra PhD didampingi Ketua Umum unit kegiata (UK) ini, Aldo Aulia Akbar mengatakan, pada periode kepengurusan UKRO sekarang persiapan Team Robotik UNP bisa dipersiapkan lebih baik.

“Menjadikan Team Robotik yang lolos ke Kontes Robotik Indonesia 2019 dan menjadi team terbaik pada Kontes Tingkat Regional yang akan berlangsung di Universitas Teknorat Indonesia, Bandar Lampung pada 4-6 April 2019 mendatang adalah target yang diberikan kepada UKRO UNP,” ujar Risfendra, disela-sela acara “Launching Team Robotik UNP” Jumat (28/3).

Dikatakan Aldo Aulia Akbar, Team Robotik UNP saat ini yang telah memastikan diri lolos ke KRI tahun 2019 adalah pada Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Namun demikian dari enam divisi kontes pada KRI 2019 yang telah menjadi agenda tetap Direktorat Kemahasiswaan, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti, Team Robotik UNP seperti yang disampaikan Rektor UNP, Prof Ganefri pada kesempatan menyatakan Team Robotik UNP mesti ambil bagian paling tidak lima divisi.

Adapun enam divisi yang dikonteskan pada KRI 2019 adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan divisi baru Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Pada KRI 2019 ini, divisi KRTMI hanya dipertandingkan di Kontes Tingkat Nasional.

Pada Launching Team Robotik UNP, Jumat (28/3), Rektor UNP mengatakan perjalanan tampilnya Team Robotik UNP di Kontes Robotik diawali dirinya saat menjadi Dekan FT UNP. Kompetisi nasional yang diikuti yang diselenggarakan Kementerian menjadi pemicu lahirnya UKRO UNP. Pada saat ini senior dari UK Robotik FT (dulu–red) bekerja di Jerman.

Rektor menambahkan, Team Robotik UNP yang dimotori UKRO UNP pantas diapresiasi. Karena UKRO UNP dipimpin aktivis mahasiswa yang mumpuni mengurus dirinya sendiri.

“Aktivis UKRO UNP mesti mampu mememimpin bagi dirinya sendiri. Bagaimana mereka memimpin UK ini kalau akademiknya tak berprestasi dan bangunlah team solid dan kompak,” ujar Prof Ganefri didampingi Wakil Rektor 3 UNP, Prof Ardipal.

Sementara itu, WR3 UNP, Prof Ardipal berkomitmen membantu dan memfasilitasi persiapan Team Robotik UNP. UKRO UNP berinisiatif mengadakan launching dengan menggaungkan persiapan Team Robotik UNP menuju KRI 2019 difasilitasi. Launching Team Robotik UNP yang bertempat di Gedung Serbaguna FT UNP langsung pula dihadiri Rektor UNP guna menyemangati pegiat robotik. (Humas UNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here