Membidik Parpol dan Caleg Bakal Menduduki Kursi Parlemen Sijunjung 2019-2024

3554

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Meski Komisi Pemilihan Umum (Pemilu) Sijunjung, Sumatera Barat, belum menetapkan siapa yang bakal lolos ke Parlemen Sijunjung, kini sejumlah nama mulai mengerucut. Bahkan nama partai yang bakal menduduki kursi ketua pun sudah mulai tampak.

Tak percaya? Diperkirakan sejumlah wajah baru bakal meramaikan kursi Parlemen Sijunjung. Untuk sementara dimungkinkan partai besutan Prabowo Subianto (Gerindra) diperkirakan meraih empat kursi di Parlemen Sijunjung. Kursi tersebut diraih masing-masing satu kursi di Dapil I (Sijunjung, Kupitan dan IV Nagari) dan Dapil II (Koto VII dan Sumpurkudus) serta dua kursi di Dapil III (Lubuktarok, Tanjung Gadang dan Kamangbaru).

Bahkan PPP, PAN, Demokrat, Golkar, PKB dan PKS dimungkinkan bisa meraih masing-masing tiga kursi. Benarkah? Tak hanya itu, Perindo partai besutan Hary Tanoesoedibjo B.Com. MBA itu dipastikan satu kursi sudah ditangan dan besar kemungkinan dua kursi. “Mudah-mudahan dapat dua kursi, kalau satu kursi di Dapil III In sha Alloh aman. Tinggal kini di Dapil 1 yang diperebutkan,” kata Sasmi Ultridi Ketua Perindo Sijunjung, dibalik hanphone selularnya, Kamis (25/4/2019) malam.

Dari sumber yang dihimpun awak media, untuk sementara diperkirakan yang akan menduduki kursi di DPRD Kabupaten Sijunjung periode 2019-2024, di Dapil I, adalah: April Marsal (PPP), Delfirman (Gerindra), Aroni Basri (PAN), Bhakri (Demokrat), Yusnidarti (Golkar), Desriwan (PKB), Syofyan Hendri (PKS), Efrinedi Nangkodo (Nasdem), Barista Yozi (PPP) dan kursi ke-10 kini tengah diperebutkan antara; Gerindra, Perindo, PAN, PBB dan PDIP.

Sedangkan di Dapil II, nama Walbardi (Demokrat) masih malenggang ke Parlemen Sijunjung. Setalah itu disusul Antonio Oksa Mursil (PKS), Rusdi Antoni (Gerindra), Zalmiati (PAN), Givo Aldino (PDIP), Amlasta Boy (PKB), Elva Handayani (Golkar). Sedangkan kursi ke-8, saat ini diperebutkan antara Amrizal (Nasdem) dan Syahrijal (PBB).

Sedang di Dapil III, wajah baru sekitar 50 persen bakal mewakili suara rakyat untuk duduk dikursi parlemen. Nama Bambang Surya Irwan (Gerindra), Sabirin (Demokrat), Sukardi (Nasdem), Afrizal PB (PAN), Sarikal (Golkar), Mukhlis (PPP), Indrawadi (Gerindra), Hendri Susanto (PKS), Syafrul Khatib (PBB), dan Hendra Nadi (Perindo). Sedangkan kursi ke-11 diperebutkan antara Imelda Wiguna dan Bejo Utomo keduanya dari (PKB). Serta kursi ke-12 juga diperebutkan antara Zulfahmi (Demokrat) dan Deasep (PDIP). Benarkah? Itu hanya perkiraan dan keputusan akhir berada di KPU. Ingat ini hanya analisa dan perkiraan.

Terkait hal itu, Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah tak berani komentar. Hanya saja iya menyebutkan pihaknya belum pleno. “Saat ini kami belum pleno jadi kami belum berani memberikan keterangan. Kalau analisa silahkan saja keputusannya hasil penetapan pleno,” ucap mantan wartawan Singgalang itu dibalik handphone selularnya, Kamis (25/4/2019). saptarius