Dandim 0310/SS Dampingi Delegasi Famtrip ASTA Midwest Chapter ke Sawahlunto

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto -Setelah minggu lalu dikunjungi delegasi Famtrip jurnalis dan tour operator asal Maroko, Provinsi Sumatera Barat, kini kembali mendapat kehormatan dikunjungi oleh delegasi Familirization Trip (Famtrip) American Society of Travel Advisor (ASTA) Midwest Chapter, yang difasilitasi langsung oleh Konsulat Jenderal RI Chicago, Kementerian Luar Negeri dan Kemenpar Republik Indonesia. ASTA Midwest Chapter membawahi 12 negara bagian di tengah utara Amerika Serikat, yaitu Illinois, Indiana, Iowa,
Kansas, Mihigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio, South Dakota, dan Wisconsin.

Salah satu daerah kunjungan mereka adalah Kota Sawahlunto. Dalam kunjung tersebut, Delegasi Famtrip ASTA Midwest Chapter didampingi Komandan Kodim 0310 / SS Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P, M.I. Pol dan Danramil 01/Swl Mayor Inf Irwan.

Sementara Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar,Hendri Agung, yang juga ikut serta dalam rombongan itu menyatakan kunjungan ASTA Midwest Chapter ini merupakan peluang yang sangat baik bagi Sumatera Barat khususnya Kabupaten dan Kota untuk mengenalkan potensi wisata yang dimilikinya. Karena ASTA adalah organisasi yang sangat dipercaya oleh masyarakat setempat. Tidak mudah untuk bisa mendatangkan mereka untuk mau datang dan Famtrip ini adalah buah dari kunjungan Misi Investasi Gubernur Sumatera Barat ke Chicago thn 2018 yang lalu. Gubernur berhasil meyakinkan ASTA bahwa Sumatera Barat adalah Provinsi dengan potensi pariwisata yang tidak kalah dengan Bali sehingga ASTA berkenan mengirimkan perwakilan dari TOP Travel Agents dan Advisors nya untuk berkunjung ke Sumatera Barat.

“Delegasi Famtrip yang terdiri dari 11 orang perwakilan Travel Agents dan Jurnalis asal Amerika Serikat serta didampingi oleh seorang Pejabat Kementerian Luar Negeri RI akan berkeliling selama beberapa hari ke berbagai obyek wisata unggulan di beberapa Kab/Kota di Sumatera Barat selama beberapa hari mulai dari tanggal 5 s/d 9 Mei 2019 untuk menyaksikan secara langsung pesona keindahan alam, keunikan budaya dan kelezatan kuliner yang dimiliki,”kata Dandim 0310/SS pada awak media dalam rilisnya, Selasa (7/5/2019).

KLB

Delegasi tiba di Sumatera Barat pada Minggu siang (5 Mei 2019) dan disambut oleh tarian tradisional di Bandara Internasional Minangkabau. Lalu dilanjutkan makan siang di salah satu restoran ternama di Kota Padang. Selanjutnya rombongan bertolak menuju Kota Sawah Lunto untuk bermalam dan menghadiri jamuan makan malam oleh Walikota Sawahlunto.

Keesokan paginya, Senin (6/5/2019-red) rombongan mengunjungi berbagai obyek Wisata Kota Sawahlunto dimana pada kunjungan tersebut Komandan Kodim 0310 / SS Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P, M.I. Pol didampingi oleh Danramil 01/Swl Mayor Inf Irwan Basukiono berkesempatan menyambut dan mendampingi rombongan.

Dandim 0310/SS menyatakan dengan dipilihnya Kota Sawahlunto sebagai salah satu destinasi Famtrip meyakinkan bahwa kondhusifitas situasi keamanan khususnya Kota Sawahlunto dan Provinsi Sumatera Barat sangat terjamin bagi keamanan wisatawan mancanegara.

Pada malam terakhir kunjungan, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat telah mengagendakan Business Gathering dengan mengundang PHRI, ASITA dan stakeholders Pariwisata Sumatera Barat untuk membicarakan peluang-peluang kerjasama dan men’design paket-paket wisata yg sesuai dengan karakteristik wisatawan asal Amerika Serikat.

Selain itu, para Jurnalis yang turut serta bersama rombongan, akan mebuat artikel-artikel yang mengexpose pesona dayatarik wisata Sumatera Barat. rilis/saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.