Hadapi TdS 2019, Pemko Sawahlunto Lakukan Survey Kerusakan Jalan

1006

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Jelang pelaksanaan event akbar Toure de Singkarak (TdS) November mendatang, yang merupakan ajang balap sepeda bertaraf internasional diikuti oleh belasan negara baik Asia maupun Eropa, pada Sabtu (6/7/2019) Pemko Sawahlunto melakukan survey serta pemetaan jalan yang rusak.

Asisten 2 Setdako Sawahlunto, Ir. H. Radam, M.Sc mewakili walikota yang tengah berada di Azarbaijan untuk mengikuti sidang Unesco sebagai kota warisan Dunia, mengatakan bahwa survey tersebut dilakukan sebagai langkah awal persiapan atas keinginan kota Sawahlunto untuk dilalui para peserta balap sepeda (TdS) hingga ke ujung Sawahlunto, yaitu kecamatan Talawi.

“Sebagai kota wisata, kita merasa rugi jika tidak dilalui oleh para peserta yang datang dari berbagai belahan dunia. Sebab, ini merupakan bagian dari promosi pariwisata kita,” ujar Radam, didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota sawahlunto, Suyanto.

Menurut Radam, untuk ruas jalan dari simpang Muaro Kalaban hingga pusat kota, masih cukup layak untuk dilalui para pebalap meski masih harus ada perbaikan-perbaikan kecil.

“Kondisi jalan yang sangat parah adalah jalan selepas kantor Balaikota seperti di Pasar baru, Sapan, Sungai Durian, dekat kantor PU hingga menjelang PLTU, tepatnya di jembatan Sijantang. Ini perlu perbaikan yang cukup berat,” ungkapnya, yang juga didampingi Rico, staf Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum kota itu.

Diungkapkannya, untuk ruas jalan yang ada di kota ini, tidak semuanya merupakan tanggungjawab provinsi, akan tetapi juga merupakan jalan kota sehingga harus cepat dipersiapkan dari sekarang, mengingat tim dari Provinsi Sumbar juga akan melakukan survey pada Minggu (7/7/2019).

“Sebab kita tidak ingin ada pebalap yang mengalami kecelakaan di wilayah kita ini,” imbuh Radam.
Setelah survey ini, lanjut mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sawahlunto ini, kita akan segera menghitung estimasi biayanya. Mudah-mudahan hari Senin ini sudah bisa kita ketahui perkiraan biayanya.

Selain persiapan rute yang direncanakan akan berakhir di Taman Makam Pahlawan M Yamin kecamatan Talawi, dalam kesempatan tersebut radam juga lengsung melakukan pengecekan sejumlah sarana dan fasilitas yang akan digunakan oleh seluruh tim peserta balap sepeda.

“Kita juga sudah melihat kondisi lokasi yang akan digunakan sebagai tempat finish di Taman Makam M Yamin seperti Tolilet, tempat beristirahat serta tempat jamuan makan. Insya Allah hanya tinggal sedikit pembenahan saja, dan kita siap menyambut TdS tahun 2019 ini,” pungkasnya. amin
editor; saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here