Dekan Baru FMIPA UNP: Manajemen HEBAT dengan Motto Together We are Excelent

134

JURNAL SUMBAR | Padang — Dr. Yulkifli, S.Pd., M.Si. dilahirkan 2 Juli 1973 di Kotosani Solok. Gelar sarjana Pendidikan Fisika diperoleh dari Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Institut Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (IKIP) Padang pada tahun 1997.

Pada tahun 2002 gelar Magister (S2) berhasil diraih di Departemen Fisika Sekolah Pascasarjana Institut Teknologi Bandung. 2006 melanjutkan Program Doktor di PPS ITB dengan kekhususan Fisika Instrumentasi, dan memperoleh gelar Doktor dengan Indeks Prestasi 4.0 (Cumlaude).

Pada tahun 2008-2009, ia mendapat kesempatan mengikuti Program Sandwich S3 Luar Negeri di Czech Technical University (CTU) di Prague, Czech Republic. Tahun 2003 sampai sekarang menjadi Staf Pengajar Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Sebelum dilantik jadi Dekan FMIPA 2019-2023, Yulkifli telah mengabdi selama 2 periode sebagai wakil dekan akademik FMIPA periode 2014-2016 dan 2016-2019.

Selama menjadi wakil dekan akademik Yulkifli telah mengantarkan FMIPA sebagai salah satu Fakultas unggul di UNP dengan meraih penghargaan dari universitas menjadi fakultas Terbaik pada tahun 2018 dan 2019.

Selain menjadi wakil dekan Yulkifli terlibat banyak kegiatan Tim adhoc tingkat universitas Tim Akreditasi AIPT yang telah mengantarkan UNP meraih Akreditasi Unggul (A).

Saat ini Yulkifli beserta tim sedang menyiapkan Sertifikasi ISO SNI 17025. Yulkifli sering terlibat manjadi nara sumber dan juri pada kegiatan kegiatan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) berpestasi tingkat nasional.

Dalam menjalankan sebuah organisasi dan kepanitian Yulkifli menggunakan manajemen HEBAT dengan Motto Together we are excelent, diyakini manajemen dan motto ini lah yang mengantarkan prestasi demi prestasi yang diraih oleh Yulkifli.

Manajemen HEBAT ini terinspirasi dari karya Best Practise Guru Berpestasi tingkat nasional yang berhasil mengangkat sekolah berprestasi ditingkat nasional. Harmonis (H), Empati (E), Berani (B), Antusias (A), dan Tawaqalilallah (T), merupakan makna dari manajemen HEBAT.

Together we are excelent adalah cara dalam menyelesaikan permasalahan dan semangat dalam mecapai tujuan yang telah direncanakan. Kedepan sebagai Dekan FMIPA 2019-2023 akan tetap mengunakan dua konsep ini dalam mencapai visi dan misi fakultas.

Penghargaan

Tahun 2010 kembali memperolah beasiswa dari Indonesian Scholar Dissertasion Award (ISDA), The Indonesian International Education Foundation (IIEF) USA.

Pada tahun 2011 dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi UNP 2011 dan Dosen Peneliti berprestasi UNP 2012. Tahun 2015 sebagai presenter terbaik hasil penelitian Hibah Kompetitif tingkat nasional.

Publikasi

Semenjak 2003-sekarang Penulis bersama Tim telah berhasil memenangkan sekitar 50 Grant penelitian tingkat Nasional dan 3 tingkat Internasional.

Hasil-hasil penelitian telah dipublikasikan pada berbagai Buku, Jurnal, Prosiding dari Seminar Nasional dan Internasional baik sebagai penulis pertama maupun kedua.

1 International book chapter

2 buah buku ajar Berbasis Penelitian

7 buah perangkat perkuliahan berbasis KKNI

2 Buah Modul UT

7 buah Jurnal internasional,

30 buah Jurnal Nasional

35 buah makalah pada Prosiding Internasional.

(Agusmardi)