Gebrakan di Padang Pariaman, LP2M UNP Benahi Wirausaha Berbasis Teknologi

705

JURNAL SUMNAR | Padang — Setelah pembukaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Negeri Padang di Luak Limapuluh, tepatnya di Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh, Rabu (31/7) lalu. Rektor UNP, Prof Ganefri diwakili Wakil Rektor 4, prof Syahrial berharap Pemko Pariaman mampu mendorong tri dharma perguruan tinggi para dosen UNP meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Setelah di Payakumbuh, harapan kami Penelitian dan Pengabdian masyarakat dosen UNP di Pariaman adalah berdayaguna meningkatkan keterampilan dan pengembangan nagari wisata dan wirausaha berbasis teknologi di Pariaman,” ungkap Prof Syahrial bakhtiar, WR4 UNP, Sabtu (3/8/2019).

Dalam pelaksanaannya, Ketua LP2M UNP, Prof Dr Yasri mengatakan UNP mengucurkan dana lebih dari Rp6 miliar untuk mendanai penelitian dan pengabdian perguruan tinggi tersebut terhadap masyarakat di provinsi itu selama 2019.

“Jadi ada penelitian dan ada juga pengabdian terhadap masyarakat yang berbentuk kegiatan,” katanya usai pembukaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sekaligus MoU Pemko Pariaman dengan UNP di Pariaman.

Ia mengatakan kegiatan pengabdian terhadap masyarakat tersebut dilakukan dalam berbagai bentuk mulai dari melatih masyarakat agar terampil hingga pengembangan nagari wisata dan wirausaha berbasis teknologi.

Ia menjelaskan pelatihan yang dilakukan tersebut dengan memanfaatkan potensi daerah itu di antaranya pengolahan sabut kelapa dan batok kelapa, serta pembuatan sabun.

Ia menyampaikan kegiatan yang dilakukan pihaknya tersebut merupakan bentuk tri dharma perguruan tinggi serta untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Yasri mengatakan untuk tiga daerah saja yaitu Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai pihaknya mengucurkan dana mencapai Rp1,7 miliar.

Setidaknya, lanjutnya untuk tiga daerah itu ada 20 judul penelitian dan 45 kegiatan pengabdian terhadap masyarakat dengan melibatkan lebih dari 100 dosen di UNP.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar meminta pihak UNP untuk mengaplikasikan hasil penelitiannya di kota itu guna meningkatkan sumber daya manusia di daerah tersebut.

“Kami siap sebagai pusat penerapan penelitian itu, misalnya untuk cara cepat menghitung dalam matematika dan menguasai bahasa Inggris cepat,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya saat ini sedang berupaya meningkatkan pendidikan di Kota Pariaman mulai dari membuat program satu keluarga satu sarjana serta menyubsidi biaya pendidikan sarjana guru pendidikan anak usia dini (PAUD).

“Saat ini banyak guru PAUD yang hanya tamat SMA sederajat, oleh karena itu UNP juga diharapkan membantunya dengan juga memberikan subsidi,” ujarnya. (Humas UNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here