Kakok Tangan Haji Iswadi, Nagari Muaro Takung Bangun Kantor Megah

343

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Waw..Krenn. Bak kata pepatah, Gajah mati ninggalkan gading, manuasia mati ninggalkan jasa. Luar biasa, mantan Walinagari Muaro Takung, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Haji Iswadi telah membuktikan “kakok tangan” nya.

Betapa tidak, sejak ia diangkat dan di amanahkan menjabat sebagai walinagari banyak yang telah dilakukannya. Selain membangun bidang infrastrukur, tempat ibadah, sarana pasar dan pemuda, ternyata Haji Iswadi juga telah membangun kantor walinagari termegah di Muaro Takung.

Berukuran 10,5 M x 16 M3 ditambah teras belakang 4×8 M3, kantor nagari itu dibangun diatas tanah milik nagari. Pembangunan tiga tahap itu, dibangun tiga tahap dengan Anggaran Dana Nagari (ADN).

“Pembangunannya dimulai sejak tahun 2017 dengan anggaran dana Rp219 juta dengan dengan sistem bantuan swadaya masyarakat. Pada tahun 2018 pembangunannya pun dilanjutjan dengan ADN sebesar Rp174 juta juga dengan cara swadaya masyarakat dan terakhir pada tahun 2019 dengan ADN sebesar Rp90 juta. Total ADN sebesar Rp483 juta,” jelas Haji Iswadi kepada awak media, Jumat (16/8/2019) di Muaro Takung.

Bahkan hasil penilain pihak PUPR kantor yang dibangun dari ADN dan bantuan swadaya murni masyarakat dan bantuan pihak donatur itu ditaksir kantor Walinagari Muaro Takung itu mencapai Rp1,3 miliar.

Dengan lantai kramik dilengkapi CCTV kantor Walinagari Muaro Takung itu terlihat mewah dan megah. “Nantinya keliling kantor dilengkapi taman bermain dan juga disediakan Wi-Fi gratis. Saat ini kegiatan pembangunannya sedang berlangsung,” ucap Haji Iswadi yang kini masih didaulat warga untuk kembali melanjutkan pembangun.

Menariknya lagi, untuk menunjang operasional nagari, Haji Iswadi pun menghibahkan mobil pik up carry. “Mobil Carry tersebut saya serahkan ke nagari sebagai aset nagari yang saat itu saya serahkan pada kepala Inspektorat untuk operasional nagari,” ucap Haji Iswadi yang mengaku pernah tiga tahun gajinya digunakan untuk biaya pemekaran jorong Batang Tiau dan Jorong Batang Talang. saptarius