Khutbah Buya Mas’oed di Lapangan Rektorat UNP, Ajak Jamaah Bertawakkal untuk Optimisme

136

JURNAL SUMBAR | Padang —Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1 Dzulhijjah 1440 Hijriah di Halaman Rektorat Universitas Negeri Padang (UNP), Air Tawar Padang , Minggu (11/8/2019) menghadirkan Buya H Mas’oed Abidin sebagai Khatib Idul Adha.
Kehadiran Buya H Mas’oed yang dhormati berbagai kalangan di Ranah Minang itu disambut Rektor UNP, diwakili Wakil Rektor 2, Syahril PhD serta Ketua Pengurus Masjid Raya Al-Azhar, Prof Sufyarma Marsidin.
Kemudian tepat pukul 07.45 WIB dilaksanakan Shalat Idul Adha, yang diikuti ribuan jamaah , baik masyarakat sekitar kampus maupun kalangan sivitas UNP, tampak hadir, WR3, Prof Ardipal, Dekan FIK, dan lainya. Mengawali Shalat Id, seluruh jamaah menggemakan ucapan takbir dan tahmid di pagi yang cerah itu.
Dalam kotbahnya, Buya Mas’oed mengupas , sejarah bangsa Indonesia yang banyak terkait dengan perjalanan haji, buktinya salah satu putra Minang , Ahmad Khatib Al Minangkawi telah tercatat sebagai tokoh pendidik yang disegani di jazirah Arab kala itu,
Buya Mas’oed juga menyinggung masalah penanaman tauhid sedari dini seperti yang ditauladankan Nabi Ibrahim kepada Nabi Ismail. Buya Mas’oed sekaligus mencatatkan ceramahnya dalam berupa buku khutbah Idul Adha 1440 dengan tajuk “Menanamkan Tawakkal KepadavAllah Membangun Optimisme”,
Buya mengutip catatan ayat Alquran dalam buku khutbanya dengan bahasa Arab. (Agusmardi/Humas UNP)