Studen Mobility Program Ditutup dengan Kuliah Umum Pakar Geografi Malaya University

138

JURNAL SUMBAR | Padang – Pada hari Kamis (8/8/2019) Civitas akademika Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menggelar kuliah umum khusus atas kedatangan pakar Geografi dari Universitas Malaya (UM), yang dirangkai dengan penutupan Student Mobility Program, di Aula Pascasarjana UNP.

Acara yang dihelat Jurusan Geografi dan Program Magister Pendidikan Geografi FIS UNP dihadiri 75 orang mahasiswa dari kedua perguruan tinggi tersebut dan Wakil Rektor 4 UNP, Prof Syahrial Bakhtiar didaulat memberikan sambutan.

Wakil Rektor UNP 4 yang membidangi kerjasama ini, meminta agar kerjasama ilmiah ini tetap berlanjut dan perlu mendapat sokongan dari semua sivitas akademika UNP.

“UNP akan tetap memfasilitasi setiap upaya yang sifatnya membangun kerjasama antar UNP dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri. Dalam periode tengah semester 2019, UNP telah berhasil menjalin kerjasama pada 7 Perguruan Tinggi besar di luar negeri. Pada akhir Juli 2019 yang lalu telah dijalin pula kerjasama khsusunya dengan universitas di Malaysia,” ujar Prof Syahrial Bakhtiar.

Sementara itu Dr Tengku Adeline Adura Binti Tengku Hamzah mewakili rombongan Malaya University menyampaikan kesannya atas sambutan yang bersahabat oleh pihak UNP khususnya Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Sosial.

“Kami banyak mendapat pengetahuan ilmiah tentang kondisi geografis daerah Sumatera Barat dan berbagi dengan teman-teman dosen” katanya.

Sebelumnya pada kuliah umum serumpun Jurusan Geografi UNP dengan Departemen Geografi Malaya University. Pada kesempatan itu Dr. Tengku Adura selain Dosen Geografi Malaya University mengatakan bahwa ada beberapa indikator Penilaian Internasional yang harus di optimalkan Universitas, yaitu: Teaching dan Learning, Research Management, Human Resource Management, Insfrastrukture dan Assets, Finance, Comercialisation, Student Affair dan Alumni, Library Servis, dan Keterbukaan dalam mengoptimalkan dosen asing.

Kuliah umum berlangsung sangat khidmat dengan nuansa akademis yang tinggi, terutama keseriusan FIS UNP untuk mencoba bergerak maju untuk memberikan kontribusi pada UNP dalam mempercepat UNP menjadi Universitas yang maju di Asia Tenggara dan Dunia.

Dr. Dedi Hermon sebagai Ketua Penyambutan Delegasi UM mengatakan bahwa UNP harus mencontoh dan merubah maindset dan prilaku akademik yang terbuka terhadap peningkatan mutu Universitas dalam pergaulan Inernasional.

Inti dari kuliah umum tersebut adalah membahas strategi University Malaya yang saat ini dinobatkan sebagai University Rangking 70 Dunia (70 QS World Rangking

Kuliah umum ini di sambut dengan positif oleh Dekan FIS UNP, Dr. Siti Fatimah, dengan menampilkan Dr. Tengku Adeline Adura Binti Tengku Hamzah (Malaya University), Dr. Yurni Suasti, Dr. Iswandi, dan Ahyuni, M.Si dari Jurusan Geografi Universitas Negeri Padang.

Diakhir acara Wakil Rektor UNP mewakili Rektor UNP, Prof Ganefri menutup secara resmi Student Moblity. (Humas UNP/Agusmardi)