Kolonel (Inf) Choirul Mustofa Puji Stabilitas Kebangsaan di Sawahlunto

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Pertahanan RI Provinsi Sumatera Barat, Kolonel (Inf) Choirul Mustofa memuji stabilitas kebangsaan di Sawahlunto di tengah keberagaman agama dan budaya di ‘Kota Warisan Budaya Dunia UNESCO’. Choirul juga menghimbau dan mengajak agar stabilitas yang telah kokoh sejak lama itu dapat terus dijaga.

Hal tersebut disampaikan Choirul Mustofa dalam paparannya saat memberikan materi Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Aparatur Pemerintahan dan Tokoh Masyarakat Sawahlunto, pada Rabu (18/9/2019) di Aula BDTBT Sungai Durian.

“Persatuan dalam keberagaman di Sawahlunto ini telah menciptakan harmoni yang indah sekali. Maka ini haruslah kita jaga bersama. Kita harus waspada dengan berbagai isu maupun kelompok yang bisa memicu perpecahan dan perselisihan yang berujung kepada konflik. Kokohnya jalinan persatuan kita selama ini adalah modal yang sangat kuat,” sebut Choirul Mustofa.

Choirul menjelaskan, kedepannya akan semakin banyak keberagaman budaya yang datang ke Sawahlunto terkait kunjungan wisata ke ‘Kota Arang’ itu. Sehingga, masyarakat Sawahlunto tentu harus siap menghadapi itu, jangan sampai keberagaman budaya yang datang mengikis budaya asli.

PERANTAU SIJUNJUNG

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang membuka kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan itu menyampaikan, bahwa stabilitas nasional berawal dari stabilitas di daerah, sehingga jangan sampai diremehkan tentang menjaga stabilitas di daerah ini.

“Bibit kesalahpahaman itu tentu pasti ada, tapi kan kita sudah dibekali dengan jalan musyawarah dan mufakat untuk menyelesaikan jika ada perbedaan pendapat ini. Inilah yang kita harap dapat semakin kita tingkatkan, kembalilah bermusyawarah jika ada yang tidak sepaham,” ujarnya.

Kegiatan pemantapan Wawasan Kebangsaan ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sawahlunto, dengan total peserta mencapai lebih dari 250 orang.

“Pesertanya ini terdiri dari Ketua RT/RW, Kepala Dusun, Kepala Desa dan Lurah, Kepala BPD dan unsur – unsur terkait lainnya,” kata Kepala Badan Kesbangpol – PBD Kota Sawahlunto, Adriyusman.humas/ton
editor; saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.