Perancang Mobil Listrik, Ricky Elson; Sawahlunto Butuh SDM Unggul dan Inovatif

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Puluhan pelajar SMA dan SMK, perwakilan komunitas/organisasi kepemudaan serta sejumlah Kepala Desa di ‘Kota Arang’ mengikuti talkshow bersama Ricky Elson, perancang mobil listrik yang juga pendiri Lentera Bumi Nusantara (LBN), di Camping Ground Kandih, Selasa (17/9/2019). Dalam talkshow tersebut, Ricky menyampaikan materi terkait pengalamannya dalam mengembangkan mobil listrik, juga berbagai kisah inspiratif lainnya guna memicu daya kreasi dan inovasi Sumber Daya Manusia (SDM) di Sawahlunto.

Ricky Elson mengatakan Sawahlunto memiliki potensi SDA juga potensi nilai sejarah dan budaya yang potensial, sehingga dibutuhkan SDM yang unggul dan inovatif dalam mengelola hal itu. Potensi yang ada, lanjut Ricky baru bisa memiliki nilai ekonomis atau nilai manfaat jika sudah dikemas dan diproses dengan skill dan teknologi yang mumpuni.

“Kita tidak boleh takut untuk berinvestasi pada pendidikan atau pengembangan SDM pada generasi muda ini. Sebab seberapa pun potensi yang ada, jika SDM yang mengelola tidak kompeten, tidak berkapabilitas, maka outputnya pun tentu tidak akan optimal. Sebab itulah, pengembangan SDM ini menjadi hal strategis,” sebut Ricky Elson, yang juga merupakan alumni SMA Negeri 5 Padang.

Ricky sendiri, dalam rangka membina SDM generasi muda ini melakukannya di Desa Ciheras, Kabupaten Tasikmalaya, Desa Jawa Barat. Melalui mahasiswa dan anak muda yang tergabung di komunitas Lentera Bumi Nusantara (LBN) yang dibentuknya, di Ciheras tersebut mereka belajar membuat kincir angin untuk pembangkit listrik, sampai menerapkan aneka ragam teknologi untuk pertanian, peternakan dan perikanan yang sangat membantu petani dan peternak di desa sekitar.

Epi

Inspirasi apa yang dilakukan Ricky Elson di Desa Ciheras tersebut menuai pujian dan ketertarikan dari Walikota Sawahlunto, Deri Asta. Saat berdiskusi dengan Ricky Elson usai jamuan makan malam, Deri menyampaikan harapannya agar Ricky Elson dapat juga menginspirasi dan berbagi ilmu dengan para generasi muda di kota ini.

“Kita rasa, sangat tepat pak Ricky Elson kiranya untuk juga menularkan semangat dan kreatifitas di Ciheras ini kepada kami di Sawahlunto. Bagi kita, pengembangan SDM ini memang termasuk dalam visi – misi yang sudah diterjemahkan juga dalam RPJMD. Dengan itu, tentunya Pemerintah Kota juga bisa membantu memfasilitasi nantinya,” harap Deri Asta.

Menyampaikan presentasinya selama lebih dari dua jam, materi yang disampaikan Ricky Elson nyatanya begitu menarik sehingga tidak menimbulkan kebosanan. Para peserta mengaku sangat terinspirasi dan terpicu semangatnya untuk berkarya.

Salah satu peserta, Intan Suryani, pelajar SMK Negeri 1 Sawahlunto mengaku kagum dan mendapatkan pencerahan dari berbagai presentasi Ricky Elson tersebut.

“Pak Ricky hebat, beliau mampu konsisten dan tidak pantang menyerah dalam membuat karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Kemudian juga, meski beliau sudah berkuliah dan bekerja sampai ke Jepang, beliau masih ingat dan memegang banyak budaya Minangkabau. Ini menjadi teladan dan inspirasi tersendiri bagi kami para generasi muda ini,” imbuh Intan.humas/ton
editor;saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.