Ratusan Anak PAUD dan TK di Sijunjung Ikuti Manasik Haji

124

JURNAL SUMBAR | Sijunjung -Sebanyak 736 Anak Paud dan TK se-Kecamatan Sijunjung mengikuti manasik haji di Lapangan Bola Tanah Bato Nagari Sijunjung, Rabu (11/9/2019).

“Adapun tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah menanamkan nilai – nilai religius dan akhlak kepada anak, maka perlu adanya edukasi kepada anak dalam bentuk pengenalan tentang ibadah haji,” ungkap Nelda Wati selaku Ketua Pelaksana.

Selain itu dikatakannya, kegiatan tersebut merukan program dari Ikatan Guru Taman kanak-Kanak Indonesia dan Kelompok Kerja Guru (KKG) TK se-Kecamatan Sijunjung, yang diikuti oleh 19 lembaga/sekolah dengan jumlah peserta 736 anak.

Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung yang diwakili Kabid PAUD, Syamsul Bahri menyambut baik kegiatan manasik haji seperti ini. Apalagi pesertanya adalah para anak-anak usia dini yang duduk di bangku PAUD dan TK.

“Mengajarkan agama kepada anak sejak dini hal yang sangat baik dilakukan meskipun bisa dikatakan tingkat kesulitannya cukup tinggi. Namun kesuksesan guru – guru PAUD membimbing mereka saya ucapkan banyak terima kasih, “ ungkapnya.

Kegiatan ini bagus dilaksanakan karena bertujuan untuk pembelajaran anak usia dini agar bisa menumbuhkan kesadaran akan keimanannya juga untuk meningkatkan kecintaan terhadap Allah SWT.

“Kegiatan ini untuk menanamkan sikap religius terhadap anak usia dini, mengenalkan rukun Islam kelima yakni menjalankan ibadah haji sekaligus memperkenalkan tata pelaksanaannya. Namun tujuan sebenarnya adalah agar anak-anak didik memahami betul simbol-simbol perjuangan Nabi Ibrahim AS yang terdapat di dalam manasik haji tersebut, sekaligus menanamkan kepada jiwa mereka nilai-nilai tauhid dan syari’at, ” tambahnya. dicko
editor; saptarius