Hadapi Kabut Asap Tebal, BPBD Sijunjung Bagikan 2 Ribu Masker pada Pengendara

862

“Gunakanlah masker jika hendak berpergian”

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk mengantisipasi akibat kabut asap pekat yang mengganggu kesehatan warga du daerahnya. Dengan tanggap pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung, Sumatera Barat, melakukan aksi bagi-bagi masker.

Tak percaya? Lihat saja apa yang dilaksanakan BPBD Sijunjung, Sumatera Barat, yang langsung dipimpin Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan, SP, pada Rabu (16/10/2019) di Muaro Sijunjung.

Bersama dengan sejumlah anggotanya, Hardiwan pun membagi-bagikan masker pada pengendara roda. Tak kurang dari 2 ribu masker dibagikan pada warga. Satu persatu kenderaan roda dua yang melintas di jalan M Yamin itu di berhentikan.

Dengan ramah Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan, SP itu menyapa pengendara. Seketika Hardiwan dan anggotanya pun memasangkan masker.

Apalagi kabut asap itu sudah menyelimuti Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Sesekali bau tak sedap pun tercium dari hembusan kabut asap yang diduga akibat bencana Karhutla di sejumlah propinsi di Sumatera itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung, Hardiwan,SP, mengakui ketebalan kabut asap itu hingga pagi Rabu (16/10/2019) Ispu Indeks Standar Pencemaran Udara) naik menjadi 170.

Meski Ispunya mencapai 170, namun Hardiwan masih mengatakan masih tidak sehat. “Kalau tidak sehat iya, tapi belum bahaya,”ucap Hardiwan.

Ia pun mengakui tingkat pencemaran kabut asap itu tebal dan masih dalam kategori tidak sehat.

“Ya, hingga kini kabut asap itu dalam kategori tidak sehat. Ispu (Indeks Standar Pencemaran Udara) nya pada malam ini sudah turun menjadi 170,”ucapnya pada awak media, Rabu (16/10/2019).

Ditambahkan Hardiwan, kabut asap itu bersumber dari Lampung, Palembang, Bengkulu dan Jambi. “Gunakanlah masker jika hendak berpergian,”tambah Hardiwan.

“Nah, untuk itu kami membagi-bagikan masker. Diharapkan setiap warga kekuar rumah untuk menggunakan masker,”tambah Hardiwan. saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here