Jelang Akhir Tahun 2019, 1.120 Rumah Tidak Layak Huni di Tanah Datar Selesai Direhab

110

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Menjelang akhir tahun 2019, sebanyak 1.120 rumah bakal selesai rehab dalam program Gapura Mantap (Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu). Demikian dijelaskan Kadis Sosial P3A Yuhardi didampingi Kabid Mashuri Maiza, Selasa (15/10/19) dalam kunjungan kerjanya ke Sungayang.

Dikatakan Yuhardi, direncanakan akhir tahun 2021 akan ada 3.458 unit rumah selesai direhab, dengan demikian akan dapat mengurangi masyarakat memiliki rumah layak huni.

Dalam hal ini, nagari menganggarkan rehab rumah melalui APB Nagari masing-masing  dengan dana  Rp 15 juta ” Lantaran dalam membangun rumah tersebut tidak ada upah kerja, maka Tim Tagana (Taruna Siaga Bencana ) Dinas Sosial siap membantu membangun rehab rumah  itu “, tutur Yuhardi.

Sedangkan  Kabid Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Mashuri Maiza mengatakan,  tahun 2019 sudah tiga kali tim Tagana membantu Nagari membangunkan rumah masyarakat.

Tahun 2019, sebut Mashuri, tim Tagana telah  merehab rumah Hanafi di Lintau Buo Utara, Afrianto di Gurun, Sungai Tarab, dan rehab rumah Nurlailis di Nagari Tanjung Kecamatan Sungayang.

Kunjungan kerja kadis Sosial P3A kabupaten Tanah Datar juga ikut serta Kasi Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Tanah Datar Zainal Abidin dan staf lain. habede.