Kapolres Pessel Ajak Mahasiswa Bersama-sama Tangkal Radikalisme

412

JURNALSUMBAR | Painan – Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval,SIK, dihadapan puluhan mahasiswa yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, di aula Hannah Hotel Sago, Kecamatan IV Jurai Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, pada Senin (7/10/2019) berpesan dan mengajak pada mahasiswa di Pessel bersama – sama untuk menangkal Radikalisme. 

Menurut Cepi Noval, keberadaan gerakan – gerakan Radikalisme saat ini menjadi ancaman nyata bagi generasi muda di Tanah Air, khususnya bagi kalangan generasi muda dan Mahasiswa. Beberapa cara, seperti kekerasan, muda mengkafirkan orang lain, tertutup dengan masyarakat dan apolitik, serta doktrin. 

Maka untuk itu generasi muda dan mahasiswa, sebagai generasi intelektual penerus tongkat estafet pembangunan bangsa ini, harus ikut bersama – sama menangkal radikalisme. 

“Langkah Kita dari Kepolisian, khususnya Polres Pessel adalah dilakukan secara preventif (pencegahan) dan kuratif (Pengobatan),”jarnya.

Dikatakan, upaya preventif dilakukan kepada mereka yang belum terlibat dalam gerakan radikalisme, sedangkan kuratif bagi mereka yang mulai tertarik gerakan radikalisme. Untuk itu, mari sama – sama kita menanamkan jiwa Nasionalisme, berpikir terbuka dan toleran, waspada terhadap provokasi dan hasutan, berjejaring dalam komunitas positif dan perdamaian, dan menjalankan aktifitas keagamaan dengan toleran. 

Sedangkan kuratif, memberikan pemahaman tentang bahaya dan dampak radikalisme, memberikan pemahaman tentang ajaran agama yang benar dan menguatkan nilai – nilai Nasionalisme, toleransi dan perdamaian. Kata Kapolres Pessel itu.

“Ini harus kita perangi bersama – sama, dan kita tangkal radikalisme, khususnya yang ada di Kabupaten Pessel,” ajak Cepi Noval.

Hal mengantisiasi perkembangan ajaran – ajaran, doktrin Radikalisme di 

kalangan mahasiswa, Cepi mengajak  istansi terkait ikut bersama memperhartikan benih – benih pahak radikalisme, di kalangan generasi muda dan perguruan tinggi. 

Pada acara seminar Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme ” Peran Dunia Pendidikan Memutuskan mata rantai radikalisme dan terorisme ” siang itu juga dihadiri narasumber dari Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme Provinsi Sumatera Barat Dr. Za’im Rais, MA. Dan ratusan mahasiswa dari STAI  MA Bayang. Hadir juga Kasat Bimas AKP. Gusfrianto, Kapolsek IV Jurai AKP. Raplen, SH.Kasat Intel Polres Pessel AKP. Zukri Ilham, SH. Acara dilanjutkan pembacaan deklrasi bersama. rega desfinal