Ratusan Sawah Warga di Dusun Koto Desa Talago Gunung Sawahlunto Disapu Banjir Bandang

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Akibat hujan yang cukup deras sepanjang Sabtu (26/10/2019) malam membuat sungai di Dusun Koto, Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat meluap.

Bahkan ratusan hektar sawah penduduk setempat porak-poranda akibat dihantam banjir bandang tersebut. Tak hanya itu, dikabarkan, selain merusak ratusan hektar sawah, dikabarkan puluhan ternak milik warga juga terseret arus banjir.

“Tadi pagi (Minggu,27/10/2019-red) adik saya mengabarkan kampung kami dihantam banjir bandang. Sambil menangis ia menyebut ternak sapinya mengalami luka dan puluhan ternak penduduk juga terseret banjir,”ucap Sepni salah seorang warga setempat pada awak media via telepon selularnya, Minggu (27/10/2019).

KLB

Sebelumnya, Raja Paham Jurnalis Sawahlunto dalam akun facebooknya juga merilis, ratusan sawah masyarakat Dusun Koto, Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto rusak parah akibat hantaman banjir bandang pada Sabtu (26/10/2019) malam.

Diantara sawah rusak tersebut ada yang akan dipanen, ada yang sudah dipanen dan ada yang baru saja ditanam padi hingga tanamam cabe. Sejumlah hewan ternak pun ikut disapu banjir.

Tak hanya itu, beberapa ruas jalan tertimbun longsor hingga tak bisa dilewati kendaraan roda empat bahkan masjid satu-satu yang ada di Dusun Koto untuk sementara belum bisa dimanfaatkan karena dipenuhi lumpur.

Berdasarkan pantauan Raja Faham, setidaknya ada 14 ekor sapi yang diseret banjir, 2 ekor diantaranya mati, 3 ekor masih dalam pencarian warga, sedang 9 ekor ditemukan selamat. Sementara itu satu rumah rusak sedang.

Mendengar informasi tersebut, Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti bersama Kapolres Kota Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur, Danramil 01 Mayor Infantri Irwan, Camat Kecamatan Barangin, Zainul Anwar, Kepala BPBD Adrius Putra didampingi Kepala Desa Talago Gunung meninjau lokasi banjir bandang yang menimpa Dusun Koto Desa Talago Gunung Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.

Tim yang datang pun saling bahumembahu membersihkan rumah ibadah serta akses jalan dari dan ke Dusun Talago Gunung yang terdampak banjir akibat timbunan lumpur. Raja Paham
editor;saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.