Wakapolres Sijunjung Disertijabkan, Ini Pesan Kapolres

81

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kompol Suyanto, SE.MM yang sudah 18 bulan bertugas di Sijunjung akan menjalani tugas baru sebagai Parik Irpolda Sumbar. Mantan Kasat Reskrim Polres Sijunjung tahun 2011 itu digantikan oleh Kompol Indra Sandy Purnama Sakti, SIK yang sebelumnya menjabat Kasi BPKB Dirlantas Polda Sumbar.

Selama bertugas di Sijunjung, Kompol Suyanto dinilai sebagai peribadi tegas yang dekat dan disukai seluruh bawahannya.

Upacara Sertijab dipimpin langsung oleh Kapolres Sijunjung AKBP Driharto, SIK dengan perwira upacara Kabag Sumda, AKP Sofyan Efendi diikuti seluruh perwira dan sejumlah personel dan juga pengurus Bhayangkari di jajaran Polres Sijunjung.

“Dalam sebuah organisasi, mutasi itu wajar dalam dinamika organisasi yang dinamis untuk penyegaran dan pengembangan karier bagi personel serta wujud dari proses regenerasi kepemimpinan,” kata Kapolres dalam amanatnya.

Dikatakan Kapolres serah terima jabatan pada lingkungan Polri merupakan hal biasa, namun dari aspek pelaksanaan tugas memiliki arti yang sangat penting, karena pergantian pejabat pada hakekatnya merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesegaran, kesinambungan serta kelangsungan kegiatan organisasi.

Bagi pejabat yang baru hal ini juga sebagai promosi jabatan dan penghargaan atas pelaksanaan tugas yang telah dilakukan dengan penuh ketulusan, keikhlasan dan dedikasi serta loyalitas total kepada institusi.

“Dan saya perlukan ingatkan bahwa jabatan adalah amanah serta kepercayaan yang harus kita pertanggungjawabkan,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, mutasi yang dilakukan sebagai respons Polri untuk memberikan kesempatan kepada sejumlah perwira tingginya menjalankan tugas-tugas di lini lain.

“Mutasi dalam rangka tour of duty (perpindahan tanggung jawab) dan area, serta untuk meningkatkan kinerja dalam rangka binkar (pembinaan karier),” ujarnya.

Dia menambahkan, setiap personel kepolisian harus siap dengan segala bentuk penugasan di semua lini yang membutuhkan. Termasuk para perwiranya yang bertugas di daerah-daerah, untuk selalu siap siaga jika dipindah tugaskan.

“Mutasi itu alami dalam organisasi untuk penyegaran, untuk promosi, sekaligus untuk peningkatan performa menuju kepolisian yang promoter (profesional, modern, dan terpercaya),” katanya melanjutkan.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kompol Suyanto, SE.MM atas segala dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas menjadi Wakapolres di Sijunjung. AKBP Driharto, SIK juga menyampaikan ucapan selamat kepada Kompol Suyanto, SE.MM atas promosi jabatannya di Mapolda Sumbar.

Lebih lanjut, kepada pejabat yang baru dilantik, ia berharap kepercayaan yang diberikan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas.

“Sekecil apapun yang saudara kerjakan akan bermanfaat buat kesatuan, karenanya hindari penyimpangan sekecil apapun dan kerjakan apa yang seharusnya dikerjakan sesuai aturan yang ada,” ujarnya.hendri
editor; saptarius