Pemkab Dharmasraya Siapkan Puskesmas Layak Anak

109

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Implementasi Kabupaten Layak Anak terus diperkokoh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Setelah mendorong implementasi kabupaten layak anak hingga ke kecamatan dan nagari, kini Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga mendorong setiap puskesmas di Dharmasraya menjadi puskesmas ramah anak.

Langkah ini telah diawali dengan kegiatan Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak tingkat Kabupaten Dharmasraya, yang digelar Dinas Sosial P3APPKB di Wisma Al Jannah Sungai Dareh, Kamis (31/10/19). Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Rahmadian, beserta segenap Kepala Puskesmas se Dharmasraya.

Bobby mengatakan, kesehatan merupakan salahsatu hak anak yang wajib dipenuhi. Berkaitan dengan pemenuhan hak kesehatan, pemerintah wajib menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang komprehensif bagi anak agar anak memperoleh derajat kesehatan yang optimal sejak anak masih dalam kandungan.

“Fasilitas kesehatan harus ramah anak agar anak senang memeriksakan kesehatan ke Pusat Kesehatan Masyarakat. Penyelenggaraan puskesmas ramah anak merupakan salah satu indikator Kabupaten Layak Anak,” kata Bobby.

Puskesmas Ramah Anak, papar Bobby, adalah puskesmas yang dapat menjalankan fungsinya berdasarkan 4 (empat) prinsip perlindungan anak yaitu Non Diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hakuntuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan serta penghargaan terhadap pendapat anak.

Hal utama untuk menciptakan pelayanan ramah anak di puskesmas, menurut Bobby, dimulai dari sumber daya manusia, sarana prasarana dan lingkungan, pelayanan, pengelolaan, partisipasi anak dan pemberdayaan masyarakat.

“Mengingat pentingnya upaya untuk mewujudkan puskesmas ramah anak yang merupakan salah satu indikator penting Kabupaten Layak Anak , maka saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat membangun persepsi dan pemahaman stakeholder bidang kesehatan dan menggalang komitmen untuk mewujudkan Puskesmas Ramah Anak dalam mendukung “Kabupaten Dharmasraya yang Layak Anak”, pungkas Bobby.

Selain sosialisasi, pada kesempatan itu juga tutut dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan pelayanan ramah anak di puskesmas guna mendukung Kabupaten Dharmasraya yang Layak Anak.humas
editor;saptarius