Tanah Datar dan Payakumbuh Peringati Bersama HAI dan HAN di Pagaruyung

66

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Hari Aksara Internasional (HAI) dan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Tanah Datar dan Kota Payakumbuh, Kamis (28/11) yang dipusatkan di halaman Kantor Dinas Pendidikan Tanah Datar di Pagaruyung dibuka bupati  diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Nuryeddisman.

HAI perlu kita peringati dalam aktivitas pemberantasan buta aksara di Indonesia, makanya tidak ada kata terlambat memperingati HAI yang jatuh 7 September 2019  lalu.” Khusus memperingati HAI tingkat Nasional dilaksanakan di Makasar Provinsi Sulawesi Selatan, 7 September 1019 lalu “, tutur Nuryeddisman.

Sedangkan  HAN  jatuh 23 Juli lalu merupakan kesempatan bagi masyarakat terutama orang tua untuk meningkatkan peduli terhadap anak. ” Masih banyak anak-anak kurang perhatian orang tua, kemudian banyak pula orang tua menginginkan  anaknya berkembang menjadi anak berbakti bagi bangsa , dan agama ,” sebut Nuryeddisman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi mengatakan peringatan HAI dan HAN dilaksanakan bersama  Kota Payakumbuh.

Riswandi mengharapkan kesempatan ini, bisa memaksimalkan anak usia dini merupakan usia emas (golden age) meningkatkan potensi untuk melahirkan generasi hebat.

Acara tersebut dilaksanakan ,Kamis — Jumat ( 28,  29/11/19) diisi dengan berbagai kegiatan,  senam bersama anak PAUD, permainan tradisional (engrang, main karet, lore dan lain-lain), pameran dari LKP, PKBM, SKB I dan II Tanah Datar, lomba stim dan mendongeng untuk pendidikan PAUD dan seminar tema gerakan literasi lembaga non formal. habede.