Pemkab dan Tomas Sijunjung Tidak Pernah Melarang Perayaan Natal

1674

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Terkait adanya isu tak bertanggungjawab Umat Nasrani di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, dilarang melakukan perayaan natal. Secara tegas dibantah Pemkab dan tokoh masyarakat Sijunjung.

Tudingan dan isu itu dibantah secara tegas oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Sijunjung. Pemkab dan tokoh Masyarakat setempat menegaskan tidak pernah melarang umat nasrani merayakan natal.

“Kami tidak pernah melarang umat beragama mana pun merayakan hari besar agama, mereka. Itu jelas isu yang tak benar. Dari mana sumbernya dan siapa yang melarang,”bantah Sekdakab Zefnihan pada awak media, Rabu (18/12/2019).

Diungkapkan Zefnifan, di Sijunjung sudah lama berbagai suku bangsa dan agama hidup berdampingan. Tidak ada gesekan. “Bisa kami pastikan tidak ada larangan beribadah di Kabupaten Sijunjung,”tegasnya.

Ditambahkan Zefnifan, jumlah populasi umat nasrani yang tersebar di Kabupaten Sijunjung mencapai 200 kepala keluarga (KK). Selama ini mereka dapat menjalankan ibadahnya di rumah ibadah masing-masing. Begitu juga dengan merayakan natal.

Namun Zefnifan tidak merinci sebaran rumah ibadah tersebut. Dia berharap masyarakat untuk menjaga kerukunan umat beragama dan tidak mudah terpancing dengan provokasi-provokasi dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

“Kami meminta kepada masyarakat jangan sampai memancing informasi bernunasa provokasi untuk merusak kerukunan umat beragama di Sijunjung,”jelas Zefnihan.

Hal yang sama juga disampaikan Tokoh Masyarakat (Tomas) Kecamatan Kamang Baru, Syahbuddin Dt Sinaro (Datuk Abu). “Itu jelas isu yang tak bertanggunghwab dan itu jelas tidak benar. Tak ada masyarakat melarang bagi umat mana pun untuk melaksanakan perayaan agamannya,”tegas Datuk Abu yang juga walinagari Kunangan Parit Ranyang (Kunpar) kepada awak media, Rabu (18/12/2019) via telepin selularnya.

“Kalau ada yang melarang umat lain melaksanakan ibadah tolong tunjukan dan bawa kesini. Kami hidup rukun dan damai jadi isu-isu itu tak benar. Bahkan pada perayaan umat nasrani ini kami siap membantu dan menjaga keamanannya. Ini saja kami lagi membaur bukti kerukunan umat di daerah kami selalu terjaga,”ucap pemilik Wahana Telabang Sakti itu.saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here