Raih Penghargaan, BBPOM Padang Ditetapkan Sebagai Wilayah Bebas Korupsi

783

JURNAL SUMBAR | Padang – Berbagai tahapan telah dilewati proses panjang pun sudah dilalui, akhirnya Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang ditetapkan sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Penghargaan dan Pemberian Sertifikat Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) langsung diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara kepada Drs. Martin Suhendri, Apt, M. Farm selaku Kepala BBPOM Padang, Selasa (10/12/2019) lalu di Jakarta dan dihadiri oleh Wail Presiden RI Ma’ruf Amin.

“Salah satu agen perubahan (agent of Chance), Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang satu dari 5 Balai besar lainnya yang menerima Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sebagai pelopor perubahan pembangunan zona integritas”, ucap Martin Suhendri, Kepala BBPOM di Padang kepada pers, Jumat (13/12/2019).

Penetapan BBPOM di Padang sebagai Wilayah Bebas Korupsi merupakan pengakuan terhadap integritas dan akuntabilitas BBPOM Padang dalam menjalankan tugas dibidang pengawasan obat dan makanan, pembinaan terhadap UMKM dan pemberdayaan masyarakat.

Berbagai innovasi yang kita lakukan untuk meraih predikat WBK ini, mulai dari komitmen pimpinan untuk melaksanakan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, dan melakukan pembenahan terhadap berbagai aspek, meningkatkan mutu layanan publik.

Juga menerapkan keterbukaan informasi publik dengan menetapkan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi.

“Hasilnya penilaian Komisi Informasi Sumbar pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 6 Desember lalu, BPOM masuk 10 besar kategori instansi vertikal di Sumbar 2018 dan 2019,”jelas Martin.

Disamping itu, BBPOM di Padang juga melakukan inovasi layanan seperti “SIJEMPOL” atau siap jemput bola bagi pelaku usaha UMKM pangan, digitalisasi layanan pembukaan pos layanan di pusat keramaian seperti pasar dan lainnya. Dan BBPOM melakukan audit internal pelaksana zona integritas , memonitoring dan mengevaluasi secara berkala dan terus menerus sampai dimana masing-maisng zone yang 6 area perubahan itu kita bina untuk dapat mempertahankan zone masing-masing.

Martin mengatakan, dengan ditetapkan nya WBK ini, BBPOM di Padang akan selalu berkomitmen untuk menjaga kredibilitas, integritas dan komitmen untuk meningkatkan layanan dalam rangka melindungi masyarakat Sumatera Barat dari obat dan makanan yang dapat merugikan kesehatan.

Martin menegaskan, Jika ada terdengar pelanggaran zona integritas dari staf BBPOM Padang, silahkan laporkan ke wa 085365954877 , sebutkan oknumnya siapa, tkp nya dimana, saat itu juga akan segera ditindak lanjuti. melba
editor;saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here