Pemkab Pessel Jadikan Kambang Utara Jadi Sentra Buah Manggis

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Pangan Pesisir Selatan menjadikan Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lenggayang, sebagai lokasi komoditi Manggis, dengan menyerahkan 300 batang bibit unggul.

Diserahkan bibit manggis, juga dilakukan penanaman secara simbolis manggis oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. Hadir juga, Kadis Pangan Alfis Basir, Kepala Perangkat Daerah, Camat Lenggayang Zoni Eldo, Wali Nagari Kambang Utara Ul Sabri dan masyarakat.

Wali Nagari Kambang Utara, Ul Sabri mengungkapkan ditetapkan Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lenggayang oleh Pemkab Pessel bisa menjadikan ekonomi masyarakat di wilayanya berputar.

Ia berharap, kedepan kelompok penerima bibit manggis bisa dirawat, dan dikembangkan.

Kepala Dinas Pangan Alfis Basir menuturkan, adapun tujuan penanaman perdana bibit manggis ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, serta mendukung ketersedian pangan.

Melalui Balai Penelitian Buah Provinsi Sumatera Barat, pada kali ini kita Pessel menerima bantuan bibit manggis sebanyak 3500 batang, sedangkan dari Dinas Pangan Kabupaten Pessel kita juga serahkan bantuan bibit manggis sebanyak 2500 batang, khusus di Bahari Lambang Utara diserahkan 300 batang bibit manggis, dan bibit durian.

OTW 2

” Maka, pada tahun 2050 di Kabupaten Pessel, dan Bahari Kambang Utara tidak ada pagi kelangkaan pangan,” tegas Alvis.

Damra tokoh masyarakat setempat mengapresiasi Pemkab Pessel, melalui Bupati Pessel Hendrajoni telah menjadikan Nagari Kambang Utara sebagai lokasi komoditi manggis unggulan di Pessel.

Tentu saja menurut Damra, berharap masyarakat penerima bantuan bibit manggis bisa dimanfaatkan dengan optimal.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Pemkab Pessel tetep memprioritaskan sektor pertanian, perkebunan dan sektor lainya. Dengan bantuan bibit manggis ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk ekonomi masyarakat, apalagi manfaat buah manggis sangat besar.

Untuk upaya penyiapan irigasi pengairan pertanian dan perkebunan, melalui Dinas PSDA dan OPD terkait lainya terus melakukan pembangunan, serta peningkatan irigasi di 15 Kecamatan.

Usai memberikan kata sambutan, dan penyerahan simbolis bibit manggis pada perwakilan kelompok masyarakat, Hendrajoni didampingi OPD langsung menuju lokasi penanaman bibit manggis. (RD)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.