Pramuka Saka Kecana Kwarcab Sawahlunto Gelar Diklat Anggota Baru

294

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) Keluarga Berencana (Kencana) Kwartir cabang Kota Sawahlunto memberikan pembekalan dan pendidikan latihan bagi calon anggota baru.

Pamong Saka Kencana Tri Wahyuni menyebutkan, pembekalan dan pelatihan berlangsung Sabtu sampai Minggu (25 sampai 26 Januari 2020) di Kawasan Sanggar bakti Sikalang Kecamatan Talawi.

Dia menyatakan anggota yang akan diberikan pembekalan tentang Saka Kencana adalah pramuka Penegak di Pangkalan SLTA.

“Bertujuan agar lebih mengetahui bahwa Saka ini sebagai wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dalam bidang Kencana dan generasi terencana “ jelas Tri Wahyuni, Sabtu (25/1/2020).

Selama dua hari, peserta mendapat materi dari pamong Saka dari Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB. Kemudian, untuk materi tentang pramuka penegak dan pandega serta teknik kepramukaan akan disampaikan para Pelatih dari Kwarcab 11 kota Sawahlunto.

Pembinaan akan meliputi krida binaan. Seperti Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR), Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK), Krida Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE) dan Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

“Usai menerima pembekalan ini, 68 peserta ini akan dikukuhkan menjadi anggota Saka Kencana yang akan rutin mengikuti latihan serta kegiatan,”terangnya.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto, Agustin TD menyambut baik kegiatan pembekalan tersebut.

“Semoga Pramuka Saka Kencana Sawahlunto dapat mendukung program Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB, terutama dalam mempersiapkan kader generasi terencana serta peduli dengan lingkungan masyarakat” harapnya.tump