Sempat Lumpuh Total, Kini Akses Jalinsum di Nagari Takung Sijunjung Itu Kembali Normal

1250

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tak hanya rumah dan pemukiman penduduk didera bencana banjir dan longsor. Tapi, akses jalan lintas sumatera (Jalinsum) baik yang berada di Nagari Takung dan Nagari Kunangan Parit Rantang (Kunpar), Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, sudah kembali normal.

o

Kedua nagari yang dilintasi jalan negara itu sempat lumpuh total akibat tertimbun material longsong dan terendam banjir.

Di Nagari Takung, Jalinsum tertimbun material tanah longsor. Sehingga Jalinsum dari Sumbar ke Jambi itu lumpuh total berjam-jam.

Berkat kerja keras Pemkab Sijunjung bersama instansi terkait termasuk Polri-TNI, kini Jalinsum yang tak.jauh dari Terminal Kiliranjao itu sudah kembali pulih.

“Saat ini jalan sudah bisa dilewati dengan sistem buka tutup,”kata Kapolres Sijunjung, AKBP Driharto, SIK melalui Paur Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul alias Ajo.

Sementara jalan negara yang berada di Nagari Kunpar yang terendam banjir pun sudah mulai surut. Jalan negara di Kunpar itupun sudah bisa dilewati.

“Akibat bencana ini banyak rumah, sawah warga terendam banjir. Bahkan sejumlah ternak warga juga ada yang terbawa arus banjir,”kata Wabup Arrival Boy saat meninjau langsung kelokasi bencana.

Plt BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sijunjung, Hendri Caniago membenarkan bencana banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan Kamang Baru dan Tanjung Gadang itu.

“Ya, selain Muaro Takung di rendam banjir, juga terdapat beberapa daerah terkena longsor. Seperti, Nagari Kunpar, Nagari Tembulun dan Nagari Tanjung Gadang di Kecamatan Tanjung Gadang juga terkena bencana. Saat ini kondisi daerah yang terkena banjir sudah mulai berangsur pulih ,”ucap Hendri Caniago. saptarius