Meriahkan HJK Sijunjung ke-71, Disdikbud Gelar Gerak Jalan Tepat Waktu

170

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang ke-71, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar gerak jalan tepat waktu.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy di Depan Dinas Pendidikan setempat, pada Rabu (12/2/2020) pagi.

“Selain memeriahkan Hut Kabupaten, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antar sekolah serta mengukur kekompakan siswa dalam baris berbaris,” ungkap Kadis Dikbud, Ramler pada saat menyampaikan laporan kegiatan.

Kemudian gerak jalan itu dikatakannya, diikuti oleh Siswa-siswi SMP/MTSN dengan jumlah 600 orang yang terdiri dari 30 Sekolah Menengah Pertama. Masing-masing sekolah mengirimkan 2 regu yaitu PA dan PI.

“Untuk rute, star di depan dinas pendidikan dan kebudayaan, pulau berambai, SMA 1, polres sijunjung dan finis di depan gedung pancasila muaro, jarak tempuh 3,8 kilometer dengan waktu 38 menit,” jelasnya.

Lalu, para pemenang I,II, III dan harapan I, II dan III akan diberikan sertifikat dan piala serta uang pembinaan, dengan total hadiah keseluruhan berjumlah Rp. 10.500.000.

Sementara itu, Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy mengatakan gerak jalan ini, selain memeriahkan hut kabupaten ke-73, juga memiliki arti dan makna penting bagi kita semua.

“Lomba gerak jalan merupakan hal yang positif, karena selain berolahraga menjaga kesehatan, didalamnya juga terkandung jiwa kebersamaan, kekompakan, semangat dan jiwa sportifitas. Hal terpenting adalah upayah membangun karakter dan mental anak-anak bangsa yang berdudi pekerti dan berbudi luhur, sehingga menjadi harapan bangsa,” jelas Wabup.

Lebih lanjut disebutkan Wabup, gerak jalan ini memang sepatutnya dilaksanakan, selain bernuansa olahraga terkandung nilai nasionalisme didalamnya. “ yang terpenting dalam perlombaan ini kita bangun mental dan karakter anak-anak kita,” pungkasnya.dicko