Bumikan Empat Pilar, Senator Alirman Sori Rangkul Pendamping Desa

577

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Alirman Sori mengapresiasi kemajuan pembangunan berbasis nagari atau desa di Kabupaten Pesisir Selatan. Percepatan pembangunan di nagari tersebut menunjukkan kemampuan dan sumber daya manusia pendamping desa dalam mengawal pelaksanaan pembangunan.

Hal itu diungkapkan Alirman Sori, membuka pemaparan dalam sosialisasi empat pilar MPR RI di hadapan seratusan lebih pendamping desa di Pesisir Selatan, Senin (3/2/2020).

“Profesionalitas pendamping desa di Pesisir Selatan telah mendorong kemajuan daerah. Ini perlu kita apresiasi,” kata Alirman Sori.

Dalam kesempatan itu, senator Sumatera Barat ini memaparkan empat pilar MPR RI. Empat pilar itu adalah Pancasila sebagai dasar negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar ini pada awalnya disebut empat pilar berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Ketua PPUU DPD RI ini menegaskan, Pancasila sebagai dasar NKRI sudah final. Tidak ada lagi perdebatan tentang itu.

“Tugas kita sebagai warga negara adalah mengkristalkan semangat dan nilai – nilai yang terkandung di dalam Pancasila dalam kontek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa,” ulasnya.

Dia mengulas, tujuan bernegara telah ditegaskan dalam preambule (pembukaan) UUD NRI 1945. Sehingga, dari beberapa kali perubahan UUD, yang tidak boleh diubah adalah empat alinea pembukaan UUD.

Pancasila sebagai dasar negara dan UUD NRI 1945, lanjutnya, menjadi pondasi bagi berdirinya Republik Indonesia dengan bentuk Negara Kesatuan (NKRI).

Hal ini juga tidak lepas dari filosofi hidup bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Para pendiri bangsa menyadari, bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, dan agama, meskipun Islam sebagai agama mayoritsa.

“Namun demikian, para pendiri bangsa yang sebagian besar Beragama Islam tidak egois. Sehingga keragaman suku dan agama menjadi satu kekuatan dalam membangun rasa persatuan dan kesatuan yang dituangkan dalam dasar dan konstitusi negara,” sebutnya.

Sosialisasi empat pilar MPR RI oleh anggota DPD RI Alirman Sori tersebut dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan diwakili oleh Asisten I Pemkab Pesisir Selatan, Muskamal. Turut dihadiri oleb Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Adri.

Alirman Sori berharap, pendamping desa dapat memeruskan pesan kebangsaan yang terkandung dalam empat pilar tersebut kepada masyatakat. Pemahaman masyarakat yanf kuat terhadap sejarah bangsa, akan menguatkan rasa toleransi, mengokohkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

“Nilai – nilai luhur ini harus terus dibumikan, dan menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa, membangun rasa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi untuk mengokohkan NKRI,” tutupnya.(R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here