Kapolda Jambi Dijabat Irjen Pol Firman Santyabudi, Putra Mantan Wapres Try Sutrisno

1761

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis baru saja melakukan mutasi terhadap delapan jabatan kapolda. Salah satunya adalah kapolda Jambi yang kini diserahkan kepada Irjen Pol Firman Santyabudi.

Mungkin ada yang tidak tahu sosok Firman dan sepak terjangnya selama berkarier di Korps Bhayangkara. Dikutip dari berbagai sumber, Firman lahir 17 November 1965 dari pasangan Try Sutrisno dan Tuti Sutiawati. Ya, ayahnya adalah mantan wakil presiden yang pernah memimpin Indonesia selama lima tahun bersama Presiden Soeharto.

Selain itu, Firman juga memiliki hubungan kekerabatan dengan mantan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, yakni sebagai adik ipar. Kakak sulung Firman, Nora Tristyana adalah istri Ryamizard.

Meski memiliki latar belakang keluarga yang terpandang, perjalanan karier Firman selama di kepolisian masih terbilang wajar. Beberapa jabatan yang pernah dipegang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 itu antara lain wadirlantas Polda Metro Jaya, kepala Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido, Polda Metro Jaya (2008), Kapolres Metro Jakarta Selatan (2009), Kasubdit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri (2009), dan Dirlantas Polda Sumatera Selatan (2011).

Berikutnya, dia juga tercatat pernah mengisi posisi analis kebijakan madya bidang Korlantas Polri (2012), Kabagrenops Robinops Sops Polri (2013), Karodalaops Sops Polri (2013), direktur KERJA sama dan Humas PPATK (2014), dan deputi bidang pemberantasan PPATK (2017).

Setelah lima tahun lebih ditempatkan di PPATK, barulah kini Firman berkesempatan memegang jabatan prestisius sebagai Kapolda Jambi.sumber;Inews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here