Musrenbang Nagari Parambahan, Legislator Anton Yondra: Biarlah BA 3 Lepas Asal BA 1 Diperoleh

150

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kejayaan nagari Parambahan masalah lalu, ke depan harus kita raih kembali. Demikian dikemukan Legislator DPRD Tanah Datar, Anton Yondra, Kamis ( 12/2/20) pada Musrenbang Nagari Parambahan di Gedung pertemuan nagari  Parambahan, kecamatan  Limokaum.

Dulu, anak nagari Parambahan banyak berkiprah di bidang pemerintahan, pengusaha, pedagang ,dan usaha  lainnya, tetapi dewasa ini kejayaan itu agak menurun.Untuk itu Anton Yondra yang putra nagari Parambahan itu meminta anak nagari Parambahan merapatkan barisan untuk menentukan sikap.

Oleh karena itu, ke depan anak nagari Parambahan  bersama –  bersama dengan nagari Cubadak, dan Labuah menentukan pimpinan daerah untuk tahun 2020 mendatang, sehinggga  eksistensi pembangunan bisa dilanjutkan untuk masa-masa datang.

Dalam menentukan pimpinan daerah, tekan Anton Yondra,  Nagari Parambahan memiliki balonbup untuk kita sikapi ” Dalam hal ini bagi saya sendiri biarlah lepas  BA 3, asalkan BA 1 diraih nagari Parambahn nanti, ” tutur Anton yang disambut aplaus meriah hadirin.

Mengenai pembangunan nagari ke depan, sebut Anton Yondra, tentu para legislator dapil II akan berusaha merealisasikan kegiatan fisik dan non fisik yang telah diusulkan di DPRD nantinya.

Seterusnya, Wakil ketua itu, juga menyorot eksistensi Silpa ( Sisa lebih pembiayaan anggaran) yang merupakan simpanan abadi nagari yang sulit digunakan pemerintah nagari.

Dana Silpa itu, sebut  Anton, berasal dari dana BKBK yang diusulkan legislatif kepada pemda Tanah Datar untuk nagari. Tidak terealisasi nya Silpa tersebut bukan kesalahan nagari tetapi, keterlambatan pemerintah daerah merealisasikan nya.” Saya mengharapkan dana tersebut nanti menjadi perhatian bagi  Pemda dalam merealisasikan administrasi ” tekan Anton.

Sementara ,dalam kesempatan itu, Legislator DPRD  Kamrita mengharapkan KWT( Kelompok wanita tani) nagari Parambahan terus melakukan inovasi, dan kegiatan untuk kemajuan dan kesejahteraan KWT ke depan.

Kamrita juga meminta pemerintah nagari Parambahan bisa meningkatkan anggaran posyandu ( Pos pelayanan terpadu ), dengan peningkatan anggaran itu, maka kesehatan masyarakat akan terjamin pula.

Sedangkan Wali Nagari Parambahan Robi Yasdi telah melaporkan realisasi anggaran nagari tahun 2019  yang dimanfaatkan untuk pembangunan fisik , dan non fisik sesuai aturan.

Ditambahkan wali Robi Yasdi , masa datang pemerintah nagari Parambahan akan fokus melaksanakan tugas – tugas pembangunan nagari yang sudah disepakati bersama sesuai anggaran.

Dalam kesempatan itu, wabup Zuldafri Darma juga tampil memberikan arahan untuk kemaslahatan nagari dan masyarakat dalam menghadapi tahun 2020 yang besar artinya bagi  masyarakat nagari Parambahan ” Mari kita tingkatkan persatuan, dan kesatuan untuk masa depan yang lebih baik,” pungkas Zuldafri Darma.

Musrenbang yang dibuka Wali nagari Paramabahan Robi Yasdi itu dihadiri Ketua tim kabupaten Nofendril, Kepala OPD, Camat Limokaum Hendra Siswanto, Forkopimca, Wali Nagari se- kecamatan Limokaum ,BPRN, tokoh masyarakat, dan undangan lain. habede