Musrenbang Nagari Simabur, Usulan akan Dibawa ke Musrenbang Tingkat Kecamatan dan Kabupaten

104

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Musrenbang nagari bertujuan membahas rencana kerja tahunan 2021  dengan menerapkan skala prioritas sekaligus menetapkan usulan  bakal dibawa saat musrenbang di tingkat Kecamatan, dan tingkat Kabupaten Tanah Datar.

Pernyataan itu dikemukakan ketua tim Musrenbang kabupaten Daryanto Sabir, Kamis (13/2/20) dalam pembukaan Musrenbang nagari Simabur Kecamatan Pariangan di Gedung LKAAM kecamatan Pariangan.

Dikatakannya, setiap usulan yang disampaikan langsung dirangkum setiap OPD yang bakal  dibicarakan ketika musrenbang Kabupaten bulan Maret 2020 dilangsungkan . Seterusnya semua usulan ditetapkan bulan Juni 2020 mendatang bakal dibahas bersama DPRD.

Sementara itu, Wali Nagari Simabur Zulbahri menyampaikan Bumnag Sitangko selama ini berjalan baik, dan mendapat kunjungan dari  Bumdes Teluk Kuantan Riau untuk studi banding. Nagari Simabur juga meraih prestasi di bidang bak sampah, dan SBB Sitangko dalam kejuaraan sepak bola tingkat pemula.

Khusus masalah sampah, Wali Zulbahri mengharapkan legislator dapat membantu, sehingga  masalah sampah di nagari Simabur bisa diatasi dengan bantuan mobil sampah.” Simabur merupakan ibu kecamatan Pariangan yang punya pasar Simabur sangat ramai setiap Senin ,” kata Zulbahri.

Pada kesempatan politisi PKS Saidani merasa bangga dengan kehadiran wali nagari se-Kecamatan Pariangan ” Kehadiran wali memiliki nuansa beda dan mencerminkan kekompakan,” tutur Saidani yang wakil ketua DPRD itu.

Mengenai Musrenbang,  Saidani mengharapkan dana Nagari harus digunakan untuk kegiatan pembangunan fisik , dan non fisik . Non fisik mencakup antisipasi penyakit masyarakat  berupa narkoba, judi ,dan maksiat, pungkas Saidani.

Aktivitas Musrenbang yang dibuka Wali nagari Simabur Zulbahri dihadiri Kepala OPD, Forkopimca, Wali Nagari se- kecamatan Pariangan ,BPRN, tokoh masyarakat, Lembaga unsur dan undangan. habede