Cegah Penyebaran Corona, 300 Relawan HeBAT Semprot 1.280 Masjid Mushalla di Pessel

366

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Antisipasi penyebaran virus Corona di Kabupaten Pesisir Selatan, 300-an Tim Relawan Hebat lakukan penyemprotan cairan Desinfektan.

Penyemprotan tersebut, akan difokuskan pada 1.280 masjid dan musholla yang ada pada 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, tanpa dipungut biaya.

Menurut Koordinator Aksi Solidaritas Tim relawan Hebat, Penyemprotan yang dilakukan semenjak kemarin hingga hari ini Rabu (25/3/2020) telah menuntaskan empat kecamatan di Pesisir Selatan.

“Kita sudah turunkan kawan-kawan relawan untuk kecamatan IV Jurai, IV Nagari bayang utara, Bayang dan Koto XI Tarusan. Hari kita lanjutkan di empat kecamatan lainnya,” Terang Kristian Rinaldo selaku Korlap Aksi Solidaritas.

Selain melakukan penyemprotan di masjid dan mushola Tim relawan juga melakukan sterilisasi pada rumah disekitar lokasi, serta sekolah yang belum terjangkau.

“Kita juga bantu sterilisasi di sejumlah rumah yang berada di sekitar Mesjid dan Musholla tersebut, sesuai dengan kebutuhan. Sekolah dan Fasilitas Umum lainnya, yang berada di sekitar titik penyemprotan juga kita tangani,” tuturnya.

Sembari melakukan penyemprotan, petugas lainnya yang ikut dalam tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat Terkait bahaya virus Corona dan pencegahan serta pentingnya untuk menerapkan sosial distancing kepada masyarakat melalui selebaran yang dibagikan.

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan Salah satu upaya untuk membantu pemerintah Kabupaten dalam memerangi Covid-19, Di mana seluruh pihak saling bekerjasama bahu membahu untuk memerangi Virus Corona serta siap siaga dalam pencegahannya.

“Sesuai dengan pesan yang terus kami sosialisasikan, bahwasanya jadikan ini sebagai gerakan solidaritas nasional. Mari hadapi situasi ini bersama-sama dari diri sendiri dan keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu salah seorang pengurus Mesjid Nurul Yaqin, Kecamatan Koto XI Tarusan mengucapkan terima kasih kepada Tim Relawan Hebat, yang telah membantu menyemprotkan Desinfectan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

”Kami mengucapkan Terima kasih atas bantuannya dari Tim Relawan Hebat. Selaku pengurus, kami juga mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menjaga kebersihan mesjid dan men sosialisasikan kepada jemaah untuk ikut siaga menghadapi Virus Coron,” Uj

Tim Relawan Hebat akan terus melakukan penyemprotan cairan Desinfectan di sejumlah lokasi pada 15 kecamatan di Pesisir Selatan, Hingga status darurat bencana nasional dicabut oleh pemerintah pusat.(R)