Diselenggarakan Dinas P dan K Sijunjung, 50 Tutor PKBM Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi

363

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Bidang Pembinaan PAUD dan PNF gelar pelatihan peningkatan kompetensi tutor pendidikan kesejahteraan Tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2020,

Kegiatan yang digelar selama 3 hari, dari Kamis hingga Sabtu (5 – 7/3/2020) di Aula Dinas Pendidikan tersebut diikuti 50 orang tutor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan dibuka secara resmi Kepala Dinas, Ramler, SH.MM pada Kamis 5 Maret 2020.

Dalam sambutannya, Kadis Ramler menyebutkan bahwa, Keberadaan PKBM diharapkan dapat memberi wadah/tempat untuk mempersiapkan SDM yang lebih terarah, sehingga mampu bersaing di era
golbalisasi.

“Peran pendidikan nonformal sama
pentingnya dengan pendidikan formal. Untuk itu, melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan Tahun 2020 ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi tenaga pendidik nonformal hendaknya,” ujar Ramler.

Ia juga berharap dengan terselenggaranya Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan ini, akan mampu menghasilkan tutor pendidikan kesetaraan yang inovatif, kreatif, dan mampu menumbuhkan pengetahuan

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap dapat terjalin kerja sama yang semakin erat
di bidang pendidikan khususnya pendidikan non formal,”harap Kadis Ramler.

Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Hendri Nurka, S.Sos, M.Si dalam laporannya menyebetkan tujuan diselenggarakannya pelatihan ini.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pelatihan peningkatan kompetensi tutor dalam pelaksanakan pembelajaran kepada warga belajar agar pelaksanaan program kesetaraan dapat berjalan lebih baik dan mencapai hasil yang lebih optimal,”ucapnya.

Pelatihan ini lanjut Hendri juga bertujuan agar terbentuknya forum tutor Kesetaraan sebagai bentuk pengejawantahan program pemerintah dalam upaya pemerataan pendidikan serta untuk meningkatkan ketrampilan pengajaran dan metode mengajar sebagai kompetensi yang dinilai dapat mendukung tugas sebagai tutor.

“Kegiatan ini diikuti 50 orang peserta terdiri dari PKBM Kecamatan Sijunjung (SPNF SKB 6 orang, Al-Amin 6 orang dan Maju bersama 8 orang), PKBM Tanjung Gadang (Nurul Ihsan 6 orang), PKBM Kamang Baru ( Mutiara Hikmah 6), PKBM Koto VII (Insan Mandiri 6 dan Tuah Sepakat 8 orang), dan PKBM Kecamatan Kupitan(Nurul Hidayah 6 orang),” jelas hendri.

“Sedangkan Narasumber pada pelatihan ini adalah, Noviardi, A.Md (Tutor Pendidikan Kesetaraan Berprestasi Nasional/Dikbud Padang), Syamsul Hamdi, S.Pd ( Tutor Pendidikan Kesetaraan Provinsi Sumbar/SKB Padang), H. Elvis Betrizon, S.Sos (Sekretaris Forum Tutor PKBM Prov Sumbar/Dikbud Pariaman), dan Syafrizal Ben (Ketua Forum Tutor PKBM Prov Sumbar/Solok),”tambah Kabid Hendri Nurka.andri