Pensiun, AKBP Aripin Daulay: Sejak Muda Saya Mengabdi di Luhak Nan Tuo

598

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar –  Sebenarnya, namanya Aripin Daulay, namun akrab disapa Pak Daulay, jarang dipanggil Aripin apa lagi ‘Pak Aripin’.

Kamis (5/2/20), Aripin Daulay selaku Wakapolres Tanah Datar  berpangkat  AKBP ( Ajun Komisaris Besar Polisi ) masuk masa pensiun dalam umur 58 tahun dimeriahkan dalam ‘ Kenal pamit’, usai sertijab dengan Wakapolres baru  kompol Eridal di MapolresTanah Tanah Datar.

Aripin Daulay berpenampilan ‘ Selow ‘ itu sangat dikenal di kalangan masyarakat Luhak Nan Tuo, karena sebagian  besar  masa Pengabdian nya dihabiskan di Tanah Datar. 36 tahun  Aripin Daulay menghabiskan waktunya di Luhak Nan Tuo ” Saya bangga tinggal di Tanah Datar, istri saya pun orang Simabur. Sejak usia muda sampai pensiun saya mengabdi di  Luhak Nan Tuo “, tutur Daulay seraya menyebutkan,ia masuk ke Tanah Datar dari Riau dalam usia 24 tahun dengan pangkat Serda (sersan dua) bertugas di lantas Polres Tanah Datar.

Karir nya yang berjalan ‘ Slow but sure ‘ membuat dirinya meraih berbagai jabatan, dan bertugas di beberapa daerah. Setelah menjabat kasat lantas polres Tanah Datar tahun 2012 — 2014. Ia pun mutasi ke beberapa daerah dengan berbagai jabatan.

Waktu demi waktu dilaluiya dengan penuh onak duri, tugasnya sebagai abdi negara  berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Setiap tempat yang ditinggalinya berjalan mulus, dan aman. Kuncinya, sebut Aripin Daulay, kita harus berbuat baik kepada setiap orang ” Perbuatan baik yang  kita lakukan akan dibalas masyarakat serta diridhoi Allah SWT ,” ucap AKBP Aripin Daulay lagi.

Jelang tahun 2015 — 2018, Aripin Daulay menjabat  Kasat Lantas Polres Solok, Kapolsek Solok Kota Polres Solok, Kabag operasi Polres Padangpanjang, dan tahun 2019, Aripin Daulay dengan pangkat Kompol mutasi ke Polres Tanah Datar dengan jabatan Wakapolres Tanah Datar mendampingi AKBP H Bayuaji Yudha Prajas diteruskan dengan Kapolres AKBP Rokhmad Hari Purnomo.

Pangkat AKBP itu sendiri diraih Aripin Daulay di pergantian tahun 2019 – 2020 yang dianugerahi Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Selasa (31/12/19) di halaman Mapolda Sumatera Barat  di Padang.

Cita-cita yang didambakan selama ini sudah terealisasi dengan mulus. ” Syukur alhamdulillah, anak-anak sudah sarjana dan berhasil semuanya begitu juga isteri tercinta Sri Gustina.Saya cukup lah pensiun di usia 58 tahun dengan jabatan wakapolres  berpangkat Ajun Komisaris  Besar Polisi, ” ujar AKBP Aripin Daulay sumringah.

Di penghujung pembicaraannya, Aripin Daulay, dan keluarga  mohon  maaf, karena bertugas selama 36 tahun tentu ada kesalahan berupa tindakan atau penyampaian tidak pada tempatnya. ” Setiap Orang selagi as a human beeing will get a slip  ” Aripin Daulay bertutur.

Dalam kenal pamit yang cukup meriah di Polres Tanah Datar, baik wabup Zuldafri Darma maupun Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo sama-sama salut dan memuji kebaikan Aripin Daulay ” Pak Daulay dekat dengan masyarakat. Saya pernah dibantu berdagang oleh pak Daulay, tetapi uangnya yang saya pinjam lama terbayar, sehingga saya dicari anggota polisi suruhan pak Daulay,” Wabup Zuldafri Darma bernostalgia semasa dia belum menjadi ketua DPRD, dan Wabup Tanah Datar.

Sementara Kapolres Rokhmad Hari Purnomo, kehebatan Aripin Daulay ” Kalau saya berjalan bersama pak Daulay, yang disapa duluan pak Daulay,bukannya saya, ” timpal Kapolres Rokhmad seraya menyatakan revitalisasi kantor Polres Tanah Datar berkat ide, dan perencanaan pak Daulay.

Sebelumnya telah dilaksanakan sertijab Wakapolres AKBP Arifin Daulay kepada penggatinya wakapolres Kompol Eridal, Kapolsek Sungayang AKP Sahnimar kepada ke Iptu Syahbudin  SH, Kapolsek Limokaum Iptu  Aljuprimal SH kepada Kapolsek baru Iptu Aditiawarman Khatik Mangkuto, dan Kasubag bagren  AKP Sahnimar. habede.