Pedemi Covid-19, DPRD Minta Pemko Sawahlunto Lengkapi Petugas Lapangan APD dan Nutrisi

267

JURNAL.SUMBAR | Sawahlunto – Kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi petugas di Pukesmas dan Posko pemeriksaan antisipasi peredaran virus Covid-19 di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, saat ini masih minim.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Sawahlunto, Iwan Kurniawan, S Sos meminta pemerintah daerah melakukan kebijakan karna  kebutuhan ini  dianggap mendesak keberadaannya, mengingat perawat sebagai petugas medis yang kontak langsung.

“APD ini sangat diperlukan bagi petugas, supaya jangan terjadi kontak yang bermasalah. Contoh saja hari ini masih kekurangan APD yang sederhana  baik itu masker dan sarung tangan bagi petugas pos perbatasan,“ sebut Iwan saat mengunjungi dan memberikan multi vitamin pos pemeriksaan di Muarakalaban, pada Sabtu (28/3/2020) seperti dilaporkan tumpak kontributor jurnalsumbar.com dari Sawahlunto.

Selain APD, sebutnya para petugas baik yang di puskesmas maupun di posko serta yang bertugas penyemprotan  hendaknya juga didukung dengan nutrisi yang baik, karna pekerjaan ini sangat perlu dukungan ekstra serta menguras stamina.

“Kalau dilengkapinya APD , nutrisi serta adanya tunjangan bagi petugas lapangan dan koordinasi yang baik antar OPD yang terlibat dalam upaya pencegahan ini menjadi salah satu upaya pengantisipasian perebakan virus corona dikota ini akan berjalan dengan baik,” harap Iwan.

Di Posko pengaggulangan Covid-19 satuan gugus tugas Sawahlunto, Jum’at (27/3/2020) lalu, menerima bantuan  50 PCS APD  dari BPBD Provinsi Sumatra Barat serta bantuan 12 paket APD dari Dinas Ketahanan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) kota ini.

Kepala Markas Posko Penanggulangan Covid – 19, Al Ansari menyebutkan, untuk pendistribusian APD ini akan diprioritaskan kepada tim medis yang bersentuhan langsung dalam penanganan pasien covid -19.

Adapun bantuan APD dari BPBD Provinsi Sumbar sebutnya, terdiri dari 50 pcs apron. Sedangkan bantuan dari DKP2 Sawahlunto terdiri dari 12 pcs apron dan 41 buah kacamata atau gogle.

“Kita masih akan menerima bantuan APD dari semua pihak yang mau menyumbangkannya. Bantuan ini alan sangat berarti ditengah kesulitan mendapatkan APD. Bukan masalah dana tapi ketersedian APD dipasaran yang langka membuat kesulitan mendapatkannya,” katanya.tumpak