Sediakan “Rumah Kito” di Painan, Cara Legislator Lisda Hendrajoni Tampung Aspirasi dan Layani Rakyat

259

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Demi memenuhi kebutuhan  keluarga pasien kurang mampu, yang melakukan pengobatan di RSUD M.Zein Painan, Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni menggagas Rumah Aspirasi yang bertajuk Rumah Kito di Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Rumah yang berjarak sekitar 50 Meter dari RSUD M.Zein Painan tersebut, akan dimanfaatkan sebagai rumah singgah untuk penginapan bagi keluarga ataupun pasien kurang mampu, yang membutuhkan pelayanan.

“Kondisi geografis Pesisir Selatan yang memanjang, sehingga jarak tempuh ke Rumah Sakit dari kecamatan yang terjauh, mencapai 5 hingga 6 jam yakni Kecamatan Silaut. Rumah kito hadir untuk membantu para pasien yang membutuhkan sebagai tempat peristirahatan, ataupun sebagai tempat persinggahan terutama yang jauh dari lokasi RS,” ujar Lisda saat melaksanakan Launching Rumah Aspirasi tersebut Kamis (5/3/2020).

Selain fasilitas ruangan untuk beristirahat ataupun menginap, keluarga pasien yang singgah di Rumah Aspirasi juga mendapatkan konsumsi yang tersedia di dapur rumah tersebut.

“Rumah Kito ini juga ada dapur lengkap dengan peralatannya, selain itu juga disediakan nasi bungkus 3 kali sehari untuk keluarga yang menginap disini,” sambungnya.

Menurut Lisda, Rumah Aspirasi ini adalah rumah singgah kedua yang telah ia gagas di Sumatera Barat. Fasilitas yang diberikan sama dengan rumah singgah pertama, yang berada di dekat RSUP M. Djamil Padang.

“Kita melihat dari tingginya kebutuhan pada rumah singgah yang ada di Kota Padang. Hampir setiap hari penuh oleh keluarga pasien yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Di Pesisir Selatan ini kita jadikan pilot project, sehingga kedepannya bisa kita kembangkan ke Kabupaten lainnya di Sumatera Barat sesuai kebutuhan,” terang Srikandi NasDem tersebut.

Selain Launching Rumah Aspirasi, pada kesempatan tersebut juga diresmikan penggunaan 3 Unit mobil siaga yang bisa dipakai oleh masyarakat untuk transportasi ke Rumah Sakit. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, masyarakat cukup menghubungi petugas di Rumah Aspirasi dan mendaftar sebagai pengguna manfaat.

“Untuk mendapatkan fasilitas Rumah Singgah ataupun mobil siaga, Silahkan masyarakat mendatangi petugas di Rumah Aspirasi yang beralamat di Jalan Abdul Mu’in Painan,” tutupnya.

Kegiatan Launching ditutup dengan pemberian sembako bagi kaum lansia serta santunan bagi anak yatim yang berada di sekitar lokasi Rumah Aspirasi.(R)