Menzeel Juara Nasyid Asia Tenggara Rilis Singel Perdana ‘Ramadhan Mulia’

610

JURNAL SUMBAR | Padang – Ramadhan 1441 H menjadi saat spesial bagi Menzeel, grup vokal asal Kota Banda Aceh, karena jadi momen kehadiran mereka di belantika musik Indonesia, lewat singel perdana berjudul Ramadhan Mulia yang dirilis pada hari Selasa, 21 April 2020 di platform IslamicTunes. Menzeel merupakan peraih juara ke empat lomba nasyid tingkat Asia Tenggara, DAI Voice Asean 2019 yang digelar di Kota Pattani, Thailand.

Hafidz, salah seorang personal Menzeel saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Selasa (21/4/2020), mengatakan, “Menzeel memiliki empat personal. Saya di suara tiga, Huda di suara satu, Miraj di suara dua, dan Alwy di suara satu. Lagu Ramadhan Mulia merupakan singel perdana bagi kami, sekaligus singel spesial yang kami persembahkan di bulan Ramadhan.”

“Lagu Ramadhan Mulia saya buat dari lirik yang ditulis oleh Huda, terinspirasi dari keinginan kami untuk mempersembahkan sebuah lagu spesial dalam menyambut Ramadhan. Lagu ini bercerita tentang rasa kegembiraan atas kedatangan bulan Ramadhan dan selaku umat islam kita harus bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan, sehingga dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan, serta dapat merasakan indahnya Ramadhan,” kata Hafizh.

Hafizh juga mengatakan, “Pesan yang ingin kami sampaikan dari lagu ini, kita selaku umat muslim agar dapat mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan, dengan penuh kegembiraan. Meskipun dalam kondisi pandemi saat ini, kita harus tetap tenang, tetap healthy, safety, serta berdoa kepada Allah SWT, semoga segera dijauhkan dari wabah COVID-19.”

Seperti yang juga dikatakan Hafizh, Menzeel berdiri sejak tahun 2016, dibentuk oleh beberapa senior munsyid di Banda Aceh, dengan tujuan sebagai pengkaderisasian nasyid. Saat itu kami masih menggunakan nama Hijrah Nasheed hingga tahun 2019. Tepat bulan Februari 2019 kami resmi berganti nama menjadi Menzeel. Nama menzeel mempunyai makna dari 2 bahasa, Arab dan Turki. Dalam bahasa Arab, artinya tempat atau persinggahan, manzilun. Sedangkan dalam bahasa Turki, kata menzeel bermakna jarak atau jangkauan, menzel.

“Dari dua kata itu, kami memaknai menzeel adalah sebuah tempat bagi kami untuk memperkenalkan dan mengembangkan nasyid agar dapat tersyiarkan secara lebih luas, khususnya para milenial muslim,” kata Hafizh.

Videoklip lagu Ramadhan Mulia dari Menzeel dapat kita tonton dengan meng-klik foto berikut ini;

Menzeel – Ramadhan Mulia | Official Music Video

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here