Ramadhan Tahun Ini Tak Ada Pasar Pabukoan di Sawahlunto

264

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Tak seperti biasanya, Ramadhan 1441 Hijriah tahun ini tak ada Pasar khusus menjajakan aneka kuliner berbuka atau pasar Pabukoan di pasar kota Sawahlunto. Aktifitas jual beli diarena yang kerap dijadikan pasa pabukoan terlihat sepi, pada Minggu (26/4/2020) sore.

Kepala Unit Pelayanan (UP) Pasar kota Sawahlunto Bembi Fernanda menyatakan Ramadhan kali ini pasar khusus atau pasar pabukoan tidak diadakan.

“Tak digelarnya pasar pabukoan ini bertujuan untuk menghindari kerumunan dan menekan penularan wabah saat Pandemi Covid-19 ini,” jelas Bemby

Untuk hari pasaran, jelasnya selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terbilang hanya pedagang local Sawahlunto yang berjualan dan kita himbau untuk wajib mamakai masker.

“Untuk sarana cuci tangan juga telah dilengkapi di sudut pintu masuk baik dari arah jalan utama maupun dari pintu masuk Kampung teleng,”jelasnya.

Salah seorang pedagang pabukoan Musniati (31) yang biasanya mangkal di pasar kota Sawahlunto memilih mendirikan lapak dagangannya dengan paying dan satu meja kulinernya.

“Kita berdua berjualan dipinggir jalan Gedung Pusat Kebudayaan ini karna pasar pabukoan ditiadakan. Namun, pembeli masih sedikit dan dagangan tak laku semuanya,” sebutnya.Tum. AS