Lawan Petugas, Rampok Asal Pekanbaru Ditembak Polisi Padang di Kamangbaru

4181

Petugas Satreskrim Polresta Padang saat membekuk komplotan perampok. (ist)

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pelarian komplotan perampok asal Pekanbaru berakhir di Sumatera Barat. Para pelaku ditangkap Tim Opsnal Satreskrim Polresta Padang ditempat persembunyianya di pedalaman kawasan Simpang Kiliran Jao, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, pada Sabtu (2/5/2020).

Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan didampinggi Kasat Reskrim Kompol Rico Fernanda mengatakan, saat ditangkap satu dari lima pelaku terpaksi dihentikan dengan timah panas karena melawan petugas dengan cara menodongkan senjata api rakitan.

“Usai dilumpuhkan dengan dibagian kaki, petugas langsung bergerak merebut senjata api rakitan tersebut,” katanya seperti lansir topsatu.

Pelaku dan barang bukti berupa senjata api rakitan dengan tiga peluru serta truk yang dicuri pelaku langsung dibawa ke Polresta Padang. Sesampainya di Polresta Padang, kepada anggota Opsnal Satreskrim Polresta Padang pelaku mengakui perbuatannya yaitu telah melakukan perampokan.

Dijelaskan Yulmar, sebelumnya para pelaku dilaporkan merampok sebuah rumah di Jalan Poros, Kelurahan Rawang Empat, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan.

“Di sana mereka meyekap korban berserta istri dan anaknya sambil menodongkan senjata api rakitan. Tak hanya itu mereka mengikat korban dan menguras harta korban dan melarikan truk bermuatan kelapa sawit, “ujarnya.

Dikatakannya, lima pelaku yang seluruhnya warga Riau itu adalah Siman Harefa, (36), M Yusuf (44), Tri Safari (41) Arman Prasetyo (49) Hermanto (50).

Komplotan tersebut berhasil membawa 2 HP Nokia, dan satu unit Truk colt diesel dengan plat No BM 9741 EU. sumber; topsatu